Apa Itu Hadis Aziz? Ini Pengertian, Macam dan Contohnya

0
2099

BincangSyariah.Com – Mahmud Thahan menjelaskan dalam Taisir Musthalah Hadis, bahwa hadis aziz adalah hadis yang diriwayatkan tidak kurang dari dua orang pada tiap tingkatan perawinya.

Secara bahasa, kata aziz merupakan sifat mubasyabah dari kata kerja azza ya’izzu yang berarti qalla dan nadzara yaitu sedikit dan jarang, atau azza ya’azzu berarti qawiya dan isytadda artinya kuat. Dinamakan hadis aziz karena jarangnya yang meriwayatkan atau kuatnya riwayat dari segi sanadnya.

Misalnya pada tingkatan sahabat hanya terdapat dua perawi, atau pada tingkatan tabiin-nya, meskipun pada tingkatan perawi setelah tabiin terdapat banyak yang meriwayatkan hadis tersebut, hadis itu tetap disebut hadis aziz.

Contoh hadis aziz adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim tentang hadis berikut

أن الرسول الله صلى الله عليه وسلم قال: لايؤمن أحدكم حتى أكون أحب إليه من والده وولده والناس أجمعين

Sesunguhnya Rasulullah Saw bersabda, “Tidaklah kalian beriman sampai aku menjadi yang paling ia cintai dari kedua orang tuanya, anaknya dan semua manusia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis ini diriwayatkan oleh dua orang sahabat, yaitu Anas dan Abu Hurairah. Qatadah dan Abdul Aziz bin Shuhaib meriwayatkan dari Anas. Dari jalur Qatadah terdapat Syu’bah dan Sa’id meriwayatkan darinya. Sedang dari jalur Abdul Aziz bin Shuhaib terdapat Ismail bin ‘Ulaiyyah dan Abdul Warits. Hingga tingkat tabi’u tabi’in, hadis tersebut hanya diriwayatkan oleh dua-dua perawi,  Kemudian setelahnya terdapat banyak perawi yang meriwayatkan. Hadis ini disebut hadis ‘aziz.

Adapun kitab yang mengumpulkan tentang hadis-hadis aziz belum ditemukan, menurut Mahmud Thahan mungkin karena sedikitnya jumlah hadis aziz. Wallahu’alam.

Baca Juga :  Benarkah Tak Pakai Celana Cingkrang Masuk Neraka? Temukan Jawabannya di Buku Ilmu Matan Hadis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here