Apa dan Siapa Sebenarnya Profesi Penghulu?

1
14

BincangSyariah.Com – Profesi penghulu dalam kamus bahasa Indonesia diartikan sebagai: (1) kepala; ketua: kampung; — negeri; — kawal; (2) kepala adat; (3) kepala urusan agama Islam empat penasihat urusan agama Islam di pengadilan negeri; kadi.

Penghulu dapat diartikan sebagai orang yang ahli di bidang agama Islam yang diakui dan diangkat oleh pemerintah. Penghulu berasal dari kata “hulu” yang memilki arti “kepala”.

Dua asal kata tersebut membuat profesi penghulu memiliki arti sebagai orang yang mengepalai atau orang yang penting.

Istilah penghulu di Sunda dan Jawa disebut penghulu, di Jawa, sementara di Madura disebut pengoloh. (Baca: Abu Darda’; Penghulu Pengajar Al-Qur’an di Damaskus)

Di daerah Minangkabau penghulu bermakna kepala adat yang diberi gelar datuk. Di tanah semenanjung, kata penghulu adalah kepala Wilayah.

Profesi penghulu adalah pejabat negara. Jabatan penghulu sudah ada sejak berabad-abad. Jabatan ini bisa berkembang secara sempurna pada abad-19 dan ke-20.

Dalam Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam (1993), untuk kabupaten diangkat penghulu kepala atau sering disebut penghulu saja. Di kecamatan atau (distrik) diangkat penghulu distrik.

Di desa atau onderdistrik diangkat penghulu onderdistrik atau disebut penghulu onder Penghulu adalah Pegawai Negeri Sipil sebagai Pegawai Pencatat nikah yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh Menteri Agama atau pejabat yang ditunjuk sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk melakukan pengawasan nikah/rujuk menurut agama Islam dan kegiatan kepenghuluan.

Penghulu adalah petugas representasi pemerintah yang memiliki tugas untuk menikahkan kedua mempelai untuk menggantikan wali dari pihak keluarga. Ia juga sekaligus mencatat pernikahan tersebut ke dalam catatan pemerintah.

Penghulu adalah pejabat fungsional PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang diberi tugas tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan pengawasan nikah atau rujuk menurut agama Islam dan kegiatan kepenghuluan.

Penghulu juga melakukan pemeriksaan persyaratan, pengawasan dan pencatatan peristiwa nikah atau rujuk, pendaftaran cerai talak, cerai gugat, dan melaksanakan bimbingan pernikahan.

Profesi penghulu memiliki tanggungjawab yang sangat besar sehingga siapa pun yang menjadi penghulu mestilah orang yang benar-benar memiliki kompetensi di bidangnya,[]

100%

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here