Selain untuk Doa, Ini Dua Penggunaan Kata Allahumma dalam Bahasa Arab

1
5460

BincangSyariah.Com – Penggunaan Allahumma dalam bahasa Arab pada umumnya yang digunakan di Indonesia adalah untuk berdoa. Kata ini terbukti sudah terekam dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang berarti ‘seruan dalam doa (maknanya ‘wahai Tuhanku’)’ . Dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Arab, kata allahumma tidak hanya digunakan untuk panggilan dalam berdoa saja. Ibnu al-Atsir dalam kitab al-Nihayah fi Gharib al-Hadith menjelskan bahwa ada tiga fungsi kata allahumma.

Pertama, fungsi allahumma itu sebagai panggilan saat berdoa. Misalnya, allohumma irhamna, ‘ya Allah belas kasihanilah kami’.

Kedua, fungsi allahumma itu respon ketidakyakinan penjawab pada penanya. Misalnya, ada yang bertanya, “Apakah zaid sedang berdiri?” “Allohumma na‘am, allohumma la ‘mungkin iya, mungkin tidak.’

Ketiga, fungsi allahumma yang menandakan informasi yang disampaikan itu jarang dilakukan atau terjadi. Misalnya kalimat bahasa Arab di bawah ini.

أنا لا أزورك اللهم إذا لم تدعني

Saya tidak akan mengunjungimu, kecuali kamu mendoakanku.

Orang yang berkunjung ke rumah kerabatnya tentu pasti akan didoakan. Jarang sekali orang yang berkunjung ke rumah sahabatnya, tapi tidak didoakan. Oleh karena itu, allahumma di dalam kalimat tersebut diterjemahkan dengan kecuali.

Baca Juga :  Historiografi Naskah Hadis di Masyarakat Banjar

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here