Air Keluar dari Sela-Sela Jari Nabi

0
2470

BincangSyariah.Com – Mukjizat adalah suatu hal di luar kebiasaan manusia yang diberikan Allah swt. kepada para nabi. Satu nabi memiliki tidak hanya satu mukjizat. Seperti Nabi Muhammad saw. yang memiliki beberapa mukjizat. Di antaranya adalah air bersumber dari sela-sela jari beliau. Hal ini pun telah disaksikan oleh sahabat Anas Ra.  dalam riwayat hadis yang diriwayatkan dalam Shahih Muslim,

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعَا بِمَاءٍ فَأُتِيَ بِقَدَحٍ رَحْرَاحٍ فَجَعَلَ الْقَوْمُ يَتَوَضَّؤُونَ فَحَزَرْتُ مَا بَيْنَ السِّتِّينَ إِلَى الثَّمَانِينَ. قَالَ: فَجَعَلْتُ أَنْظُرُ إِلَى الْمَاءِ يَنْبُعُ مِنْ بَيْنِ أَصَابِعِهِ. رواه مسلم.

Dari Anas r.a. bahwasannya Nabi saw. pernah meminta air, lalu diberikan kepada beliau sebaskom air. Maka berwudhulah kaum muslimin dengan air itu. Aku memperkirakan jumlah mereka berkisar antara enam puluh sampai delapan puluh orang. Dan aku menyaksikan sendiri air itu keluar dari sela-sela jari beliau.” (HR. Muslim)

Terkait cara penyumberan air dari sela-sela jari Nabi saw. tersebut, Imam Muslim telah mengutip penjelasan para ulama sebagaimana dikutip dalam kitab Syarah Shahih Muslim, yang mengartikannya menjadi dua makna. Makna pertama adalah air tersebut benar-benar keluar dari sela-sela jari Nabi saw. Sedangkan makna yang kedua adalah Allah swt. lyang memperbanyak air tersebut dari zat air itu sendiri, maka jadilah (seakan-akan) memancar dari jari-jari beliau, tidak dari zatnya jari-jari beliau.

Hadis tersebut menunjukkan tentang salah satu mukjizat Nabi saw. yang dapat memperbanyak air yang menyumber dari sela-sela jari beliau. Bahkan air tersebut dapat dimanfaatkan oleh para sahabat yang lain untuk berwudhu. Di dalam redaksi hadis di atas disebutkan sampai sekitar enam puluh hingga delapan puluh sahabat. Bahkan di dalam riwayat lain disebutkan sampai tiga ratus sahabat yang juga ikut berwudhu dengan air yang awalnya hanya sebaskom tersebut.

Baca Juga :  Prof. Dr. K.H. Muhammad Tolhah Hasan: Wafatnya "Imam Ghazali Indonesia"

Demikianlah berkah kemukjizatan Nabi Muhammad saw. yang dapat keluar air dari sela-sela jarinya. Berbeda dengan Nabi Musa a.s. yang juga diberi kemukjizatan memancarkan air yang tidak lewat jarinya secara langsung tetapi lewat tongkat yang dipukulkan kepada batu, sehingga keluar dua belas sumber mata air dari batu tersebut. Wa Allahu A’lam bis Shawab.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here