Wajibkah Suami Bayar Zakat Fitrah atas Isteri yang Sudah Dicerai?

10
3475

BincangSyariah.Com – Dalam kitab Almajmu, imam Nawawi menyebutkan tiga sebab seseorang wajib membayarkan zakat fitrah atas diri orang lain: 1) sebab kepemilikan, yaitu budak. 2) sebab pernikahan, yaitu istri. 3) sebab kerabat, yaitu orang tua kandung dan anak kandung yang faqir dan tidak mampu bekerja.

Dari ketiga sebab tersebut, hanya sebab kerabat saja yang tidak ada batas waktunya. Sampai kapan pun, apabila orang tua kandung dan anak kandung masih faqir dan tidak mampu bekerja, maka kita wajib menafkahi dan membayarkan zakat fitrah atas mereka. Sedangkan sebab kepemilikan dan pernikahan ada batas waktunya. Sehingga apabila budak merdeka atau isteri sudah dicerai ba’in maka kewajiban menafkahi dan membayarkan zakat fitrah sudah tidak wajib lagi.

Dalam fiqih, ada dua macam jenis perceraian atau talak, yaitu talak raj’i dan talak bain. Kedua macam talak tersebut memiliki ketentuan hukum berbeda satu sama lain, termasuk dalam kaitannya dengan hukum membayarkan zakat fitrah

Perempuan yang ditalak raj’i, maka dia dihukumi sebagai isteri. Selama dalam masa iddah, suami boleh rujuk kembali meski tanpa persetujuan isteri dan wajib memberi nafkah dan tempat tinggal. Orang yang wajib dinafkahi, maka wajib pula dibayarkan zakat fitri atas dirinya. Dengan demikian, isteri yang masih dalam talak raj’i, maka wajib bagi suami membayarkan zakat fitri atas dirinya. Imam Nawawi dalam kitabnya Almajmu menegaskan kewajiban bagi suami untuk membayarkan zakat fitri atas isteri yang masih dalam talak raj’i.

تجب عليه فطرة زوجته الرجعية كنفقتها

“Wajib bagi suami membayar zakat fitri atas isteri yang ditalak raj’i sebagaimana wajib memberikan nafkah kepadanya.”

Adapun perempuan yang ditalak bain, maka dia sudah terhitung sebagai orang lain. Oleh karena itu, mantan suami tidak wajib menafkahinya dan tidak wajib pula membayarkan zakat fitrah atas dirinya. Hanya saja bagi mantan suami tersebut dibolehkan membantu membayarkan zakat fitrah dengan izin dari perempuan tersebut.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

10 KOMENTAR

  1. Saya tidak bisa bekerja karna harus menjaga ke 4 anaknya..tp dia tidak mau membantu saya untuk bayar zakat fitrah.gimana seharusnya saya ini.sy tidak mampu..karna tidak kerja.mohon penjelasannya.trmksh

  2. Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
    Setahun lalu Saya sudah resmi bercerai dengan istri saya. Dan anak2 ikut dengannya.
    Sekarang istri saya sudah menikah lagi (secara siri) dengan orang lain. Pertanyaan saya:
    1. Wajibkah bagi saya membayarkan zakat fitrah mantan istri saya?
    2. Wajibkah bagi saya membayar zakat fitrah anak saya?
    Mohon penjelasannya

    • Jawaban 1. Tidak..
      Krna sang mantan sdh ada yg bertanggung jawab yaitu suaminya…
      Klo qt bayarkan bisa jadi fitnah
      2. Untuk anak sampai kapanpun itu hak seorang ayah sampai anak itu mmpu mmfitrahkan diri sendiri

  3. Assalam muailaikum wr,wb
    Saya di talak cerai lewat sms sama suami tp itu baru talak satu
    Apakah suami saya masih wajib membayarkan zakat fitrah saya dan anak saya..
    Trima kasih ..

  4. Assalammualaikum wrwb
    Saya masih proses perceraian dan 2 org anak saya ikut dg sy.
    Bolehkah seorang istri mengeluarkan zakat fitrah jika suami sy TDK mengeluarkan zakat fitrah utk kami

  5. Ibu saya menikah sudah 3x, bapak kandung saya sudah meninggal, menikah ke 2 sudah bercerai,dan sekarang sama suami baru , siapa yg lebih berhak memfitrahkan kami bapak yg sudah bercerai, atau bapak baru sekrang, mohon penjelasannya ..

  6. Asalam mualaikum ..saya mau bertanya .saya sdh 3 tahun berceray .tapi srlama itu saya membayar jakat anak saya …apa hukumnya saya butuh penjelasanya ..asalamualaikum …trimakasih sebelumnya

  7. Masih berhakkah istri meminta suami tuk membayar zakatnya sedangkan istri meninggalkan suami dan menggugat cerai suami terlebih di pandangan suami bahwa istri tergolong istri nusyud karena telah berbuat hal yg sama tuk kedua kalinya yaitu meninggalkan suami?mohon pencerahannya tuk menjadi pribadi muslim yang kami dengar kami taat.

  8. Asalam mualaiku..saya sudah bercerai 1 bulan dgn istri..dan mempunyai anak 1 ..anak saya prempuan masih dgn istri..pertanyaanya pak..apakah saya wajib bayar zakat utk isri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here