Viral Warga Bersujud pada Jokowi, Bagaimana Hukum Sujud pada Sesama Manusia?

53
11101

BincangSyariah.Com – Tradisi open house atau halal bi halal yang dilakukan para petinggi negara dan pejabat Muslim biasa dilakukan seusai momen shalat Idulfitri. Momen halal bi halal ini pun dimanfaatkan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (05/06/2019). Menariknya, ada salah seorang warga yang tiba-tiba bersujud di hadapan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Sebagaimana diberitakan Kompas aksi pria tersebut sempat membuat Jokowi dan Iriana terkaget-kaget. Keduanya masing-masing bergeser ke samping kiri dan kanan lantaran terkejut sekaligus menghindar dari sujud pria itu. Bagaimanakah hukum bersujud pada sesama manusia?

Bersujud pada sesama manusia termasuk hal yang diperbincangkan oleh banyak ulama. Bahkan para sahabat pun pernah ingin bersujud kepada Nabi sebagai penghormatan, namun Nabi Muhammad saw. sendiri tidak berkenan. Hal ini sebagaimana pernah diungkapkan oleh Sahabat Qais bin Sa’d dan Mu’adz bin Jabal.

Paling tidak ulama terbagi menjadi dua golongan dalam permasalahan ini. Pertama, ulama yang menganggap bahwa bersujud pada sesama manusia itu termasuk dosa besar, namun tidak sampai menjerumuskan pelakunya pada kekufuran bila ia berniat hanya sekedar penghormatan, bukan bentuk penyembahan sebagaimana menyembah Tuhan. Hal ini di antaranya disampaikan oleh Imam al-Syaukani dalam al-Sail al-Jarar berikut.

وأما قوله: “ومنها السجود لغير الله” فلا بد من تقييده بأن يكون سجوده هذا قاصدا لربوبية من سجد له فإنه بهذا السجود قد أشرك بالله عزوجل وأثبت معه آلاها آخر وأما إذا لم يقصد إلا مجرد التعظيم كما يقع كثيرا لمن دخل على ملوك الأعاجم أنه يقبل الأرض تعظيما له فليس هذا من الكفر في شيء

Adapun perkataannya (pengarang ḥadāiqul azhār) “Di antaranya permasalahan bersujud pada selain Allah” itu harus diperjelas. Jika sujud itu dilakukan sengaja mengakui manusia yang ia bersujud padanya sebagai tuhan, maka sujud seperti ini sudah termasuk musyrik dan ia termasuk yang mengakui ada tuhan lain selain Allah. Namun, jika ia bersujud hanya sebatas bentuk penghormatan, seperti yang banyak dilakukan rakyat pada para rajanya dengan cara mencium tanah sebagai penghormatan, maka itu tidak termasuk bentuk kekufuran sama sekali.

Kedua, ulama yang menganggap bersujud pada sesama manusia itu termasuk perbuatan kufur secara mutlak, baik sebagai penghormatan atau penyembahan pada sesama manusia, sebagaimana pendapat Imam al-Sarkhasi dalam al-Mabsuth berikut ini.

Baca Juga :  Ini Bacaan Istighfar Nabi Ketika Sujud

السجود لغير الله تعالى على وجه التعظيم كفر

Sujud pada selain Allah sebagai bentuk penghormatan itu termasuk bentuk kekufuran.

Dari paparan di atas, solusi terkait bagaimana kita harus menyikapi kejadian tersebut paling tidak ada dua. Pertama, bentuk penghormatan kita terhadap orang yang kita muliakan, seperti guru, orang tua, atasan, atau presiden, itu tidak perlu sampai bersujud di hadapan orang yang kita hormati tersebut. Menghormati mereka cukup dengan cara sedikit membungkukkan badan sambil bersalaman.

Hal ini untuk menghindari penilaian orang lain yang tentu tidak tahu niat persis di dalam hati kita bila penghormatan yang kita lakukan itu dengan cara bersujud. Hal ini juga senada dengan kaidah fikih al-khuruj minal khilāf mustahabb ‘menghindari perselisihan pendapat itu sunah’.

Kedua, sikap kita terhadap orang yang sudah terlanjur menghormati orang yang dimulaikan dengan cara bersujud tidak boleh berlebihan. Walaupun ada pendapat ulama yang mengharamkan, bahkan mengafirkan orang yang bersujud di hadapan manusia, sekalipun terhadap orang yang dimuliakan, tapi ada hal dasar yang kita tidak tahu, yaitu niat orang yang bersujud itu, apakah dia bersujud karena tujuan sekedar menghormati atau menyamakan orang yang dimuliakan itu dengan Tuhan.

Nah, karena ketidakjelasan masalah niat dan tujuan orang tersebut, makannya kita harus menahan diri mudah mengafirkan orang lain. Bila kenal orang tersebut, kita boleh menegur dan menasehatinya agar tidak mengulangi perbuatannya. Bila kita tidak mengenalnya, hindari komentar macam-macam, apalagi di media sosial. Wallahu a’lam.

 

53 KOMENTAR

  1. Jaman raja raja, pemimpin memang masyrakat sangat hormat pada pemimpinnya. Ingat waktu Jusuf raja di Mesir saudara saudaranya sudjut menyembah dia tapi Yusuf berkata aku inikah Tuhan? Dia tidak ingin disembah.
    Begitulah kalau hormat. Itu terjadi dan bisa saja terjadi.

  2. kemungkinan banyak salah dalam ucapan hinggah dia minta di ampuni. saling mengampuni itu bertanda menuju kebaikan. jgn sujud si salah artikan. karena org yg tdk suka semuanya di salah artikan mau buat ini itu semua di salah artikan. pikiran sehat aja. ambil positif jgn negatifnya.

  3. Bisa jadi orang itu kurang pengetahuan dan belum mengerti kepada siapa harus kita bersujud. Sebaiknya dikasih tau aja bahwa itu salah, terlepas apakah dia sehat atau kurang sehat.

  4. Berita goblok ini menggiring opini untuk membenci seseorang, sujud bkn brati menyembah..pikir pakai logika akal waras sj….

  5. Jangan juga terlalu ngebay.. apa2 selalu dikaitkan dengan agama,.. wajar bila sujud seseorang dilakukan karena kecintaan dan puji syukurnya pada sang pencipta,.. untuk menghormati keberadaan sesama manusia dalam dunia ini… Manusiawi dan tidak ada yang salah.

    • ya tetap salah kalau sujud kepada makhluk. baik itu penghormatan atau bukan. yang jelas2 melanggar larangan nabi shalallahualaihi wasalam tetap namanya salah

  6. Mohon mf,mungkin ini settingan org org di belakang pak Jokowi. Bisa jd pak Jokowi TDK thu. Sbgai pencitraan begitu laaaach. Atw ad org ingin viral he he he

  7. Haram ..dan termasuk Perbuatan khufur.Menjadikan manusia sebagai sesembahan nya..perbuatan yg dibenci dan di laknat Allah SWT.

  8. Jangan menghakimi saudara kita.. dia Sujut itu bukan untuk pak Jokowi… dia sujut itu ke pada Allah dia telah bersukur kepada Allah yang telah mempertemukan dia dengan pak Jokowi yang dia impikan

  9. Yg jelas mereka sujud krn pecinta blac mark deiman. Smp meriang2 badannya saking fanatik dan ngefand berat dg blac mark daimen tsb. Tuk bs dapatin blac mark daement tsb snp sujud2. Dan smp cari orang pintar spy bisa menggunakannya. Alhamdulillah manfaatnya balik nyetrum jd tersunggkur.

  10. Sujud syukur bisa bertemu Presiden RI Joko Widodo, adalah kearifan hati yang melakukan dengan tulus, Tuhan lebih tahu apa yang dia perbuat.

  11. Ya Allah apa2 dikomentari dibawa keranah agama. Penghormatan banyak caranya dibudayaJawa biasa yg penting kita itu jangan menduakan Allah. Jadi Islam TDK harus juga jadi org Arab kita org Jawa juga Islam. Jangan ficik lah.

  12. Ya Allah apa2 dikomentari dibawa keranah agama. Penghormatan banyak caranya dibudayaJawa biasa yg penting kita itu jangan menduakan Allah. Jadi Islam TDK harus juga jadi org Arab kita org Jawa juga Islam. Jangan ficik lah.

  13. Namanya orang nggak mendalami agama ya begitu, dengan Tuhannya saja belum tntu bersujud, malah dng sesama manusia bersujud heeem

  14. Seperti Tuhan disembah..sujud ya pada yg kuasa.endak perlu di besar2kan.yg maha segalany yg di atas.coba klau sudah habis 2019.mau sujud ndak.biasa wae.

  15. Ya, pastinya dikaitkan dengan agama. Agama terkait dengan semua aspek kehidupan.

    Kalau ada yg komen bahwa “gak perlu dikaitkan dgn agama” ya silahkan saja jalani hidupmu dengan prinsip sprti itu. Itu hakmu. Tapi gak perlu komen sprti itu. Justru kesinisan anda malah membuat saya berpikir:”Untuk apa dan apa tujuan anda membaca isi artikel/ perbincangan ini?”
    Ini bincang syariah dan saya setuju dengan pendapat dan dalil2 atau hadits diatas.

    Terimakasih untuk Bincang Syariah yang sudah membahas ini dengan bijak.

  16. Orang tsb hanya reflex saja menghormat dgn cara seperti itu bukan bermaksud untuk menyembah .Karna kalo mendewakan presiden..orang itu pasti ngga waras..

  17. Dia sujud syukur krna pak jokowi terpilih jd presiden lg mungkin itu niatnya….gak usah goblok2in orang kita berkaca aja pada diri kita sendiri

  18. Orang ga ngerti hukum agama, cuma pengin di woow Lebaay..
    Nabi SAW sendiri pernah bersabda” Seandainya Allah mengizinkan seorang manusia bersujud kepada manusia maka akan kusuruh seorang istri bersujud kepada suaminya,,
    Lah ini cara menghormati pemimpin yg kebablasan..semua ada tatacara dan adabnya menghormati seseorang ,tanpa harus berlebihan

  19. Orang ga ngerti hukum agama, cuma pengin di woow Lebaay..
    Nabi SAW sendiri pernah bersabda” Seandainya Allah mengizinkan seorang manusia bersujud kepada manusia maka akan kusuruh seorang istri bersujud kepada suaminya,,jadi sujudnya seorang istri saja ke suami dilarang..
    ini cara menghormati pemimpin yg kebablasan..semua ada tatacara dan adabnya menghormati seseorang ,tanpa harus menghilangkan sopan santun tapi juga tidak berlebihan

  20. Subhanallah bahkan pak presiden berusaha menghindari Dr perbuatan orang itu,, kelihatan kalau pak presiden bukan orang yg suka dihormati yg berlebihan,,biasa saja ,,pak presiden memang layak memimpin negri ini dua periode

  21. bisanya orang di masukin ke pnjara krna sudh ada persidngan yaitu pelaku di tanya٫di tuduh dsb… baru hakim ambil kptusan… dr pd kita bersudzn yg ga2 ya lbh baik kt tnya saja sama pelaknya syukur2 bincng syariah bisa melakukannya… akan tambh joz gandos…

  22. bisanya orang di masukin ke pnjara krna sudh ada persidngan yaitu pelaku di tanya٫di tuduh dsb… baru hakim ambil kptusan… dr pd kita bersudzn yg ga2 ya lbh baik kt tnya saja sama pelaknya syukur2 bincng syariah bisa melakukannya… akan tambh joz gandos…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here