Viral Sekelompok Orang Minta Sumbangan Secara Paksa, Ini Imbauan MUI

0
377

BincangSyariah.Com – Video pria yang mengamuk gara-gara besaran uang sumbangan yang diterima mendadak viral di dunia maya. Diketahui, insiden itu terjadi di Aceh Utara kemarin siang, (10/05).

Video diawali dua pria berpakaian putih dan berkaus abu-abu mendatangi meja kasir minimarket sambil menghentak kasar meja kasir sebuah minimarket.

“Rp1.000 ini kalian kasih, pelecehan ini,” kata salah satu pria baju abu-abu menghardik ke arah kasir perempuan yang sedang berjaga.

Mereka tidak terima dan merasa terhina dengan besaran uang yang perempuan itu sumbangkan. Beberapa botol soda tampak terjatuh saat keributan tersebut terjadi meski beberapa orang di tempat sempat melerai.

Namun pria berbaju putih tampak terus protes sambil mengacung-acungkan uang koin Rp.1000.  Menurutnya, Rp1000 untuk sedekah adalah bentuk pelecehan.

“Ini pelecehan ini, Rp1.000 kalian kasih sedekah, bukan untuk kami. Pedagang sayur, ya, pedagang sayur, Rp100 ribu dikasih,” katanya.

Situasi kembali kondusif setelah Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin turun tangan mendinginkan suasana.

Berdasarkan keterangan AKBP Ian, peminta sumbangan yang terekam kamera adalah salah satu pengurus masjid di Matangkuli.

“(Oknum) pengurus masjid,” sebut Ian sebagaimana dilansir dalam Detik.Com.

Sementara itu, Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis menyayangkan adanya keributan hanya karena uang sumbangan. Ia meminta agar masyarakat bisa menahan diri.

“Ribut gara-gara uang sedekah itu kurang baik, kami berharap masyarakat bisa menahan diri, tak perlu bikin ribut,” ujar KH Cholil Nafi.

Menurutnya, sebenarnya tidak ada ketentuan besaran jumlah sedekah dalam Islam. Pemberian yang baik adalah yang dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Sedekah itu tidak ada jumlah berapa paling sedikit, berapa paling banyak, tapi kembali pada masyarakat, kalau kita bersedekah, bersedekahlah dengan sesuatu yang berharga, bahkan yang paling baik itu kita menyedekahkan yang paling disukai,” pungkas Cholil Nafis.

Baca Juga :  Musibah Terbesar pada Manusia yang Jarang Disadari

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here