Berapakah Umur Minimal Kambing Untuk Akikah?

0
907

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, ketika anak berumur tujuh hari setelah lahir, maka orang tuanya dianjurkan untuk mengakikahinya dengan menyembelih dua kambing untuk anak laki-laki, dan cukup satu kambing untuk anak perempuan. Namun berapakah umur minimal kambing untuk akikah? (Baca: Doa Ketika Menyembelih Hewan Akikah)

Menurut pendapat yang paling shahih di kalangan ulama Syafiiyah, kriteria kambing yang bisa digunakan untuk akikah, baik dari jenis, umur maupun kesehatannya, sama persis dengan kriteria kambing untuk kurban. Dalam kitab Fathul Qarib, Syaikh Muhammad bin Al-Qasim mengatakan sebagai berikut;

واعلم ان سن العقيقة وسلامتها من عيب ينقص لحمها والاكل منها والتصدق ببعضها وامتناع بيعها وتعينها بالنذر حكمه على ما سبق في الاضحية

Ketahuilah bahwa usia hewan akikah, keselamatan dan kebersihannya dari cacat yang bisa mengurangi kualitas daging, makan dagingnya, membagikan sebagiannya, dilarang menjualnya dan menjadi wajib sebab nazar, hukumnya sama dan sesuai dengan hukum yang telah dijelaskan dalam masalah hewan kurban.

Dalam kitab Hasyiatul Bajuri disebutkan bahwa dari segi umur, kambing domba (adh-dha’n) yang bisa digunakan untuk kurban minimal telah berumur 1 tahun, sedangkan kambing kacang (al-Ma’z) paling tidak sudah berumur 2 tahun.

Karena kriteria umur kambing akikah sama dengan umur kambing kurban, maka dapat diketahui bahwa umur minimal kambing akikah adalah 1 tahun untuk jenis kambing domba, dan untuk jenis kambing kacang minimal sudah berumur 2 tahun.

Syaikh Al-Bajuri berkata sebagai berikut;

ويجزئ فيها الجذع من الضأن وهو ماله سنة وطعن في الثانية والثني من المعز وهو ما له سنتان و طعن في الثالثة

Dan mencukupi untuk kurban adalah al-jaza’ dari jenis kambing domba, yaitu kambing domba yang sudah berumur satu tahun dan sudah memasuki tahun kedua, dan al-tsaniyi dari jenis kambing kacang, yaitu kambing kacang yang sudah berumur dua tahun dan memasuki tahun ketiga.

Baca Juga :  Hakikat Idulfitri

Namun demikian, terdapat sebagian ulama yang berpendapat berbeda mengenai umur minimal kambing untuk kurban dan kambing. Sebagian ulama berpendapat bahwa untuk kambing domba, minimal sudah berumur 6 bulan, sebagian lagi berpendapat minimal berumur 8 bulan. Untuk kambing kacang, sebagian berpendapat bahwa minimal berumur 1 tahun, baik untuk kurban maupun akikah.

Ini sebagimana disebutkan dalam kitab Kifayatul Akhyar berikut;

ولا يجزئ من الضأن الا الجذع وهو من الغنم ما له سنة على الأصح و قيل ما له ستة أشهر وقيل ثمان وأما الثني من المعز فما له سنتان على الأصح وقيل ما له سنة و دخل في الثانية

Tidak mencukupi dari kambing domba kecuali al-jaza’, yaitu minimal berumur 1 tahun menurut pendapat yang lebih shahih. Sebagian ulama berkata; Minimal berumur 6 bulan. Sebagian lagi berkata; Minimal berumur 8 bulan. Adapun kambing kacang, maka minimal berumur 2 tahun menurut pendapat yang lebih shahih. Sebagian ulama berkata; Minimal berumur 1 tahun dan memasuki tahun kedua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here