Ucapan Salam Ketika Memasuki Rumah Menurut Ulama

1
968

BincangSyariah.Com – Ketika kita masuk rumah, baik rumah sendiri atau rumah orang lain, kita dianjurkan untuk mengucapkan salam. Anjuran ini berdasarkan firman Allah dalam surah al-Nur [24]: 61 berikut;

فَإِذَا دَخَلْتُم بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِندِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Maka apabila kalian memasuki rumah-rumah, maka hendaklah kalian memberi salam kepada atas diri kalian sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik.

Ayat ini berisi anjuran untuk mengucapkan salam ketika masuk rumah, dan tidak disebutkan rumah tersebut ada orangnya atau tidak. Karena itu, melalui ayat ini, para ulama tetap menganjurkan untuk mengucapkan salam ketika masuk rumah meskipun dalam rumah tersebut tidak ada orangnya.

Menurut Habib Ahmad bin Hasan Al-Aththos, ucapan salam ketika memasuki rumah yang dianjurkan adalah sebagai berikut;

السلام علينا من ربنا تحية من عند الله مباركة طيبة  السلام عليك أيها النبي و رحمة الله و بركاته ، السلام علينا وو على عباد الله الصالحين

Assalaamu ‘alainaa min robbinaa tahiyyatan min ‘indillaahi mubaarokatan thoyyibah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullaahi wa barookatuh. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihin.

Keselamatan atas kita dari tuhan kita sebagai penghormatan dari sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik. Keselamatan atas engkau wahai Nabi, juga rahmat Allah dan keberkahan-Nya. Keselamatan atas kita dan atas hamba-hamba Allah yang saleh.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Sumaith dalam kitab Al-Nujum Al-Zahirah fi Al-Azkar berikut;

فائدة: قال سيدنا الحبيب أحمد بن حسن العطاس رضي الله عنه : ينبغي لمن أراد الدخول إلى بيت أن يسلم فيقول: السلام علينا من ربنا تحية من عند الله مباركة طيبة ، السلام عليك أيها النبي و رحمة الله و بركاته ، السلام علينا وو على عباد الله الصالحين . ثم يقرأ آية الكرسي و سورة الإخلاص فإنه من واظب على ذالك جعل الله له ألفة بينه بين أهل ذالك البيت، ووسع الله عليه و على جيرانه.

Baca Juga :  Etika Mengucapkan Salam Ketika Hendak Masuk Rumah di Waktu Malam

Al-Habib Ahmad bin Hasan Al-Aththos berkata; Bagi seseorang yang ingin masuk rumah, hendaknya mengucapkan salam sebagai berikut; Assalaamu ‘alainaa min robbinaa tahiyyatan min ‘indillaahi mubaarokatan thoyyibah. Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullaahi wa barookatuh. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihin. Kemudian ia membaca ayat kursi dan surah Al-Ikhlas. Karena sesungguhnya orang yang senantiasa melakukan hal itu, maka Allah akan memberikan kerukunan antara dia dan penghuni rumah, dan Allah melapangkan dia dan tetangganya.  

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here