Tujuh Sifat Buruk dalam Nafsu Amarah

0
1214

BincangSyariah.Com – Nafsu Amarah adalah nafsu yang cenderung pada tabiat jasmani, cenderung pada kelezatan atau kenikmatan sementara. KH. Sholeh Darat (baca biografinya di sini) di dalam bukunya, Syarh Hikam menjelaskan bahwa nafsu amarah itu memiliki tujuh sifat buruk.

Pertama. Syahwat.

Kedua. Ghadhab (benci dan marah-marah).

Ketiga. Takabbur (dirinya merasa lebih baik dari orang lain).

Keempat. Dengki.

Kelima. Sombong (baik menyombongkan badan/jasmani atau ruhaninya, seperti ilmu, sombong lisannya karena lebih banyak berzikir, banyak pujian, dan lain-lain).

Keenam. Rakus.

Ketujuh. Riya’.

Lebih lanjut, KH. Sholeh Darat juga memberikan penjelasan agar kita dapat menghindarkan diri dari ketujuh sifat buruk tersebut. Syahwat itu bisa dipadamkan melalui riyadhah (melatih diri), menghindar dari perkumpulan manusia ketika makan dan minum. Ghadhab itu bisa dipadamkan dengan sifat lapang dada.

Takabbur bisa dibunuh dengan sifat tawadlu. Dengki bisa dibunuh melalui keyakinan bahwa pemilik segala yang ada hanya Allah, manusia hanyalah hambaNya sesuai kehendakNya. Sombong dan rakus bisa dibunuh melalui qana’ah (menerima apa yang diberikan). Riya’ bisa dipadamkan melalui ikhlas.

Dengan demikian, maka hendaknya kita gigih dalam membunuh sifat-sifat buruk tersebut sebelum ruh kita dicabut oleh Allah swt. dan tidak ada kesempatan lagi untuk memperbaikinya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Belajar Tauhid; Cara Kita Meyakini Sifat Iradah Allah swt.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here