Trik Saat Merasa Bosan Ketika Belajar

0
759

BincangSyariah.Com – Kadang kita merasa bosan saat belajar. Ini saya kira banyak dikeluhkan oleh banyak orang yang sedang belajar, mungkin juga menghafal materinya. Mungkin sebagian kita saat juga sedang mengalaminya, karena kondisi pandemi Covid-19, kita hampir tidak pernah keluar. Belajar dan bekerja, semua dilakukan di rumah.

Ketika kita melaksanakan sesuatu yang konstan dalam waktu yang cukup bahkan sangat lama, sangat wajar kita merasa bosan hingga lelah. Namun, sebagian dari kita ada juga yang memaksakan untuk meneruskan belajar, misalnya, meskipun sudah jenuh, dengan berbagai alasan. Tentu boleh-boleh saja berpendapat demikian. Tapi kalau diteruskan, justru kita tidak bisa memahaminya dengan baik, dengan fikiran yang jernih karena rileks, untuk apa diteruskan.

Para ulama juga pernah membicarakan soal ini. Para ulama menyadari, jiwa, pikiran, atau nafsu itu memang perlu dikasih sedikit ruang, agar dia sedikit puas. Syaikh Abu Fattāh Abū Ghuddah dalam Qīmatu az-Zaman ‘inda al-‘Ulamā’ ikut membahasnya. Ia mengutip Abu Hilal al-‘Askari, seorang ahli gramatika bahasa Aab yang punya karya berjudul al-Hattsu ‘alā Tholab al-‘Ilm, ia mengatakan,

قال ابن جرو الموصلي: ينبغي أن يؤخِّر الإنسان درسَه للأخبار والأشعار لوقت ملَلِهِ.

Ibn Jarw al-Mawshuli mengatakan: “orang itu perlu menunda sebentar belajarnya, untuk mendengar cerita-cerita atau lagu-lagu di saat ia bosan.”

Selanjutnya, Syaikh Abū Ghuddah menambahkan bahwa kalau seseorang dihinggapi rasa bosan atau tidak semangat tidak belajar, tidak baik untuk diteruskan. Yang baik itu, selesaikan dulu urusan dengan rasa bosan, sampai rasa bosan itu terkalahkan.

Menurutnya beliau, ada banyak cara menghilangkan rasa bosan saat belajar. Beliau memberikan sekian contoh kegiatan. Misalnya, keluar sebentar ke tempat terbuka, keliling ke berbagai empat, berendam di dalam air dingin atau hangat, ngemil (tho’aam khofiif), ngobrol, bernyanyi, membaca Al-Qur’an dengan suara besar, merubah posisi duduk, atau beralih sesaat ke buku yang lain.

Baca Juga :  Agar Bisa Fokus dan Konsentrasi, Perbanyak Membaca Ayat Ini

Bagaimana, sudah tidak bosan ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here