Tips Beraktivitas saat Puasa di Bulan Ramadan

1
955

BincangSyariah.Com – Banyak di antara kita yang merasa kurang bersemangat atau letih ketika beraktivitas saat puasa saat bulan Ramadan. Merasa lapar, haus, atau kurang berenergi, adalah hal-hal yang lumrah dikeluhkan. Puasa seakan menjadi momok bagi orang-orang yang hari-harinya penuh dengan aktivitas.

Puasa adalah satu hal, sedangkan tetap menjalani aktivitas harian seperti sekolah dan bekerja adalah hal lain. Alangkah lebih baiknya jika kita mampu tetap produktif dan bersemangat menghadapi bulan Ramadan.

Pada dasarnya tidak ada tips khusus untuk tetap termotivasi saat beraktivitas di bulan Ramadan – apalagi di hari-hari biasanya toh juga bisa tidak termotivasi. Tapi saat puasa, momen siang hari jelang sore bisa menjadi saat-saat ketika fokus kerja mulai berkurang. Berikut tips yang bisa kita coba agar tetap semangat beraktivitas saat puasa

  1. Mulai dengan Niat dan Motivasi Harian

Selain berniat di malam hari bulan Ramadan, akan lebih baik jika niat itu diikuti dengan memancang motivasi dan berdoa agar hari yang akan dijalani diberikan kekuatan oleh Allah sehingga bisa menjalani puasa dengan riang, semangat, dan tetap bisa membereskan urusan-urusan kita. Penelitian-penelitian bidang psikologi menunjukkan bahwa motivasi positif bisa membuat persepsi kita terhadap ragam masalah menjadi lebih baik.

Kita bisa melakukan self-motivation ini saat niat bersama usai Tarawih, atau saat Subuh sesudah Sahur. Memotivasi diri dan menanamkan mindset positif bisa memberikan sugesti energi berlebih bagi kita.

Saat puasa, kita mesti bisa menahan dari hal-hal yang membatalkan ibadah puasa, seperti makan, minum dan lainnya, serta menahan diri dari hal-hal yang mengurangi ibadah puasa seperti perbuatan tidak elok, tata krama yang kurang baik kepada sesama, sikap emosi negatif yang berlebih, serta penyakit-penyakit hati lainnya. Jika sudah termotivasi, semoga menghadapi hari akan  terasa lebih mudah.

  1. Tidak Berlebihan Saat Makan Sahur

Pada pembahasan bab sebelumnya, telah diuraikan mengenai tips dan panduan sahur berikut menu-menu yang disarankan. Nah, perlu diketahui bahwa sahur yang baik bukanlah makan sebanyak-banyaknya. Kebanyakan kita berasumsi bahwa dengan sahur sebanyak-banyaknya, maka kita akan kenyang lebih lama dan cadangan kalori akan lebih banyak sepanjang hari.

Baca Juga :  Memanggil Non Muslim Dengan Sebutan Kafir?

Perlu diketahui bahwa makan banyak (overeat) justru akan membuat kita lebih kantuk dan malas di pagi hari. Oleh sebab itu, sahurlah dengan porsi sedang dan secukupnya. Panduan penyajian sudah disebutkan dalam bahasan sahur mengikuti konsep “Isi Piringku”. Baiknya menu yang dipilih bisa seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak serta serat. Karbohidrat kompleks bisa menjadi pilihan makanan sahur Anda agar kenyang lebih lama, meliputi olahan gandum, singkong, serta umbi-umbian. Jangan lupa juga makan sayur dan buah.

  1. Atur Waktu Tidur

Bulan puasa adalah bulan paling asyik untuk begadang sampai sahur – apalagi ada siaran pertandingan bola. Tapi jangan sampai aktivitas begadang ini membuat kita jadi tidak bersemangat di pagi hari. Disebutkan bahwa aktivitas puasa Ramadan berdampak pada siklus tidur, yang selanjutnya juga berdampak pada sistem fisiologis tubuh kita.

Di tengah disrupsi ekonomi dan mulai banyaknya model pekerjaan kekinian yang tidak berkantor, maka ritme tidur masyarakat juga mengalami perubahan. Ada di antara kita karena kantor masuk pagi, maka waktu tidur terbaik adalah malam hari. Jangan sampai tidur terlalu larut, agar tidak melewatkan sahur dan lebih bersemangat berangkat ke kantor pagi harinya.

Namun ada juga pekerja lepas yang justru produktif saat malam hari tiba –  maka jangan lewatkan tidur di pagi hari, seusai waktu Subuh atau Dluha dengan waktu yang cukup, sekiranya bisa memberi energi untuk bekerja di siang atau sore harinya. Kapanpun waktu tidur itu, sempatkan waktu tidur rutin. Kesehatanmu itu lho.

  1. Atur Aktivitas Fisik Diluar Waktu Kerja atau Sekolah

Ada beberapa institusi yang memberikan potongan jam kerja semasa bulan Ramadan, namun ada juga yang tidak. Kita bisa memanfaatkan waktu senggang di sela kerja untuk melakukan relaksasi, melihat suasana di luar kantor atau ruangan.

Baca Juga :  Cerita Nabi Tentang Wanita yang Menganiaya Kucingnya

Kalaupun hari-hari kerja atau sekolah tetap begitu padat, penting untuk menyempatkan aktivitas fisik yang menyenangkan di sore hari. Di masyarakat kita dikenal istilah ngabuburit. Tradisi ini bisa jadi momen melakukan jalan-jalan dan olahraga sore agar tetap physically active selama puasa Ramadan.

  1. Tetap Pantau Kondisi Fisik dan Mental

Ini penting: jangan memaksakan diri untuk beraktivitas penuh jika badan tidak fit benar. Evaluasi kondisi kesehatan harian, baik secara fisik maupun suasana perasaan. Penting untuk mengurangi makanan tidak sehat, aktivitas yang tidak sehat dan tidak produktif, dan lainnya. Jiwa dan badan yang sehat adalah modal penting.

Berkonsultasi kepada dokter atau tenaga kesehatan mengenai kondisi kesehatan yang dimiliki sebelumnya penting dilakukan, agar puasa tidak menjadi risiko bagi pelakunya.

  1. Mengikuti aktivitas ibadah baik secara berjamaah maupun pribadi

Ramadan adalah bulan mulia, Allah menjanjikan pahala berlipat jika melakukan kebaikan saat berpuasa. Selain mengerjakan aktivitas sehari-hari, bulan ini menjadi momentum baik untuk meningkatkan amal kebajikan baik yang sifatnya privat, seperti shalat sunnah, membaca Al Quran, maupun memperbanyak shalawat, atau yang bersifat kelompok, seperti tadarus di masjid atau mushala, shalat tarawih, bersedekah, atau belajar. Bulan Ramadan dapat menjadi momentum memperbaiki diri dan menenun kohesi sosial dengan lingkungan sekitar kita.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan agar aktivitas di bulan Ramadan tetap bersemangat, produktif, dan “bertenaga”. Tentu tidak ada tips tunggal soal bagaimana tetap bersemangat selama puasa, namun agaknya beberapa poin di atas bisa menjadi opsi-opsi yang bisa dilakukan. Semoga kita dijadikan hamba-Nya yang senantiasa bertakwa.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here