Tips Agar Terlindung dari Fitnah

0
160

BincangSyariah.Com – Kata fitnah sering kita jumpai dalam dalam kehidupan sehari-hari. Fitnah dalam bahasa arab bermakna ujian dan cobaan. Namun dalam kehidupan sehari-hari, fitnah adalah perkataan dusta atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang lain. Fitnah merupakan satu hal yang tidak dianjurkan dalam Islam, namun prakteknya masih banyak terjadi dalam kalangan masyarakat kita.

Allah menurunkan sebuah ayat dalam QS Al Mumtahanah: 5. Sebuah ayat yag merupakan permohonan seorang hamba agar diselamatkan dalam perkara fitnah di masanya. Ayat tersebut biasa digunakan umat jaman sekarang agar terhindar dari fitnah, atau memohon kekuatan ketika terkena musibah fitnah. Ayat sekaligus doa tersebut adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِينَ كَفَرُوا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَا إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir (tertutup hatinya dari kebenaran ajaran-Mu). Dan ampunilah kami ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”

Selain daripada itu, Syaikh Shalih Al Utsaimin rahimahullah berkata bahwa salah satu amalam saleh yang bisa melindungi kita dari berbagai fitnah adalah salat malam. dalam Syarh Sahih Bukhari dituliskan:

من أسباب الوقاية من الفتن صلاة اليل

Diantara sebab terlindungi dari fitnah-fitnah (semua keburukan dan hal-hal yang menjauhkan dari Allah) adalah dengan mengerjakan salat malam

Keterangan di atas senada dengan keterangan Nabi yang menganjurkan agar bersegera dalam beramak saleh sebelum datangnya fitnah. Sebab barangsiapa yang melaksanakans alat malam dengan sebaik-baiknya, maka Allah akan memberikan lima macam kemuliaan di dunia dan empat kemuliaan di akhirat. Selain itu Allah uga akan menjaganya dari segala macam bencana, termasuk juga fitnah.

Baca Juga :  Hukum Mempelai Perempuan Bercadar saat Akad Nikah

Oleh sebab itu siapa saja yang menginginakn dirinya dilindungi dari fitnah dan juga berbagai macam bencana, maka dirikanlah salat malam. Begitulah pesan dan keterangan yang disampaikan oleh Syaikh Shalih Al Utsaimin dan juga senada dengan hadis Nabi. Semoga kita termasuk umat yang bisa menjalankan dan mendapatlan berkah salat malam, sehingga kehidupan aman dari fitnah dan bencana-bencana lainnya.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here