Tiga Macam Bangkai yang Tidak Najis

2
1496

BincangSyariah.Com – Bangkai adalah tubuh atau badan yang telah ditinggal pergi ruhnya. Oleh karena itu, maka sering kali kita akan mencium bau yang tidak sedap yang berasal dari bangkai tersebut. Hukum fikih Islam mengategorikan bangkai sebagai salah satu jenis benda najis. Namun, ada tiga macam bangkai yang tidak dihukumi najis alias suci. Apa sajakah itu?

Pertama, bangkai manusia. Bangkai manusia dihukumi suci karena Allah Swt. sendiri telah menjamin kemuliaan jasad manusia. Hal ini sebagaimana firman Allah Swt.

ولقد كرمنا بني آدم (الاسراء: 70)

Dan sungguh kami telah memuliakan Bani Adam (manusia). (Q.S. Al-Isra/17: 70). Kemuliaan manusia tersebut tidak hanya saat ia hidup, tetapi juga saat ia telah meninggal dunia. Rasulullah saw. bersabda:

سُبْحَانَ اللَّهِ إِنَّ الْمُسْلِمَ لَا يَنْجُسُ (رواه البخاري)

“Maha Suci Allah, sungguh orang muslim tidaklah najis.” (HR. Al-Bukhari)

Imam Al-Bukhari di dalam kitab Sahihnya juga menukil pendapat Ibnu Abbas.

” المسلم لا ينجس حياً وميتاً”

“Orang muslim itu tidak najis, baik hidup maupun matinya.”

Kedua, ikan.

Ketiga, belalang.

Kedua binatang tersebut bangkainya adalah tidak najis. Hal ini sebagaimana hadis

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُحِلَّتْ لَكُمْ مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ فَأَمَّا الْمَيْتَتَانِ فَالْحُوتُ وَالْجَرَادُ وَأَمَّا الدَّمَانِ فَالْكَبِدُ وَالطِّحَالُ رواه ابن ماجه

Dari Abdullah bin Umar, bahwasannya Rasulullah saw. bersabda: “Halal bagi kalian dua bangkai dan dua darah. Adapun dua bangkai itu adalah ikan dan belalang. Sementara dua darah itu adalah hati dan limpa. (HR. Ibnu Majah).

Demikianlah tiga macam bangkai yang tidak najis menurut hukum fikih Islam. Yakni, bangkai manusia, ikan, dan belalang. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Apa Hukum Orang yang Keceplosan Mengucap Talak?


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here