Tiga Hikmah Penyelenggaraan Shalat Jenazah

0
54

Bincang Syariah.Com – Salah satu syariat dalam Islam yang mengatur  hubungan antar sesama adalah shalat jenazah. Shalat jenazah hukumnya fardu kifayah, artinya jika sebagian muslim  saja yang melakukannya maka gugurlah kewajiban yang lain. Meski demikian, shalat jenazah sangat dianjurkan ketika ada tetangga atau sanak saudara yang meninggal dunia, hal ini dikarenakan terdapat banyak hikmah didalamnya. Berikut ini hikmah penyelenggaraan shalat jenazah yang disebutkan oleh Syekh Ali Ahmad al-Jurjawi dalam kitabnya Hikmat at-Tasyri’ wa Falsafatuhu (hal 102-103)

Pertama, jenazah yang meninggal dunia dan ruhnya telah kembali kepada Allah Swt itu akan menginstropeksi diri (muhasabah) atas segala perbuatan yang pernah dilakukan semasa hidup, baik itu perbuatan yang  bagus maupun yang buruk.

Di samping itu, ruh tersebut pasti memiliki dosa di mana tidak ada yang bisa memberi syafaat (pertolongan) kepadanya melainkan hanya amal-amal saleh (perbuatan baik).

Namun, waktu sudah tidak bisa diajak kompromi karena ia sudah meninggal, sehingga harapan terakhirnya hanyalah ramhat dari Allah semata.

Dalam hal ini doa seorang muslim memiliki tempatnya yakni supaya ruh orang tersebut mendapatkan rahmat Tuhan serta ampunan melalui untaian doa salah satunya dalam shalat jenazah. (Baca: Agar Diringankan dari Siksa Kubur, Lakukan Shalat Ini untuk Jenazah yang Anda Kenal)

Kedua, melalui media penyelenggaraan shalat jenazah, kita dapat mengetahui bahwa setiap orang tidak rela siapapun tertimpa musibah, yang dimaksud di sini adalah siksaan di neraka dan juga murka Tuhan kepadanya.

Oleh karena itu, melalui perantara penyelenggaraan shalat jenazah ini, para umat muslim meminta ampunan kepada Allah untuk saudara muslimnya yang telah meninggal dunia.

Ketiga, sesungguhnya setiap manusia memiliki hak untuk dimuliakan sebagaimana Allah telah memuliakan manusia. Allah berfirman dalam surah al-Isra’ ayat 70 sebagai berikut :

Baca Juga :  Podcast NGOPI: Kupas Tuntas Islam dan Politik di China

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِىٓ ءَادَمَ وَحَمَلْنَٰهُمْ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ وَرَزَقْنَٰهُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ وَفَضَّلْنَٰهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

Artinya :

Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak-cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka  di atas banyak mahluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna.”

Oleh karena itu, seandainya kewajiban memuliakan manusia ini tidak ditunaikan (salah satunya melalui shalat jenazah) maka hal itu termasuk perbuatan yang zalim.

Nah, itulah hikmah-hikmah terkait penyelenggaraan shalat jenazah. Semoga dengan mengetahui hikmah-hikmah tersebut, dapat mengantarkan kita menjadi semakin dekat kepada sang Maha Pencipta, amin.

Wallahu ‘alam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here