Tiga Hal yang Membuat Seseorang Takut Menghadapi Kematian Menurut Quraish Shihab

0
649

BincangSyariah.Com – Kematian selalu menjadi topik yang membuat banyak orang penasaran, Tapi tetap saja ketika membicarakan tentang kematian para umumnya orang-orang takut menghadapinya.

Menurut Quraish Shihab dalam talk show Shihab & Shihab, banyak sebab yang membuat seseorang takut mati.

Alasan pertama, jika orang tersebut tidak mengenal tuhan. Dia tidak kenal bahwa tuhan itu baik. Seandainya dia mengenal dan merasakan kebaikan tuhan dia tidak mungkin akan takut.

Kedua, tidak memiliki persiapan atau bekal yang cukup untuk mati. Sayidina Ali Ra suatu ketika ditikam, beliau berucap “Demi Allah, saya telah memperoleh kebahagiaan”.

Demikianlah kebahagian jelang meninggal pasti akan dirasakan oleh orang-orang yang memiliki persiapan yang cukup, sehingga menantu Rasul tersebut bahagia dengan kematian karena ia berkeyakinan akan diterima dengan baik oleh Allah. Karena seorang muslim yakin bahwa surga yang dijanjikan untuknya lebih indah dari pada apapun yang diterimanya di dunia.

ketiga, khawatir dengan keluarga yang akan ditinggalkan. Dalam situasi semacam ini, seseorang yang istiqamah dalam hidup ini maka malaikat yang akan mengurus keluarganya di dunia sehingga mereka tidak akan khawatir dengan keluarga yang ditinggalkannya. Sebagaimana dikatakan dalam Firman Allah Swt berikut ini

نَحْنُ أَوْلِيَاؤُكُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ ۖ

“Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat”. (Qs. Fusshilat; 31)

Maka seharusnya seorang yang beriman tidak takut dengan datangnya kematian. Sebab seseungguhnya apa yang dijanjikan oleh Allah di akhirat lebih baik dari dunia dan seisinya.

Baca Juga :  Bahasa Arab dan Problem Ketimpangan Gender

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here