Tiga Ganjaran Membuat Orang Lain Tersenyum dan Bahagia

0
428

BincangSyariah.Com – Hadis yang kedua puluh satu dalam Kitab Al-Mawaidh Al-‘Ushfuriyah membahas tentang ganjaran membuat orang lain bahagia atau senang. Imam Muhammad Bin Abu Bakar menyebutkan bahwa hadits ini diriwayatkan dari Sayyidina Ibnu Abbas (radliyallahu anhuma).

Ibnu Abbas ra. berkata bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda,

من ادخل على قلب اخيه المسلم فرحا وسرورا في دار الدنيا خلق الله تعالى من ذلك ملكا يدفع الافات فاذا كان يوم القيامة جاء معه قرينا فاذا مر به هول يفزعه قال لا تخف فيقول من انت فيقول انا الفرح والسرور الذي ادخلته على اخيك المسلم في دار الدنيا

Barangsiapa yang memberikan kebahagiaan dan kegembiraan dalam hati saudaranya yang muslim saat di dunia, maka Allah Swt. akan menciptakan malaikat yang akan menolak seluruh musibah darinya. Ketika hari kiamat sudah tiba, maka ia akan menjadi sahabat sejatinya. Ketika terjadi sesuatu yang mengerikan, maka ia akan berkata : jangan takut! Lalu dia akan bertanya, siapakah engkau? Maka ia akan berkata lagi, aku adalah kebahagian dan kegembiraan yang engkau berikan pada saudaramu yang muslim waktu di dunia.

Artinya, setiap kita membuat orang lain bahagia atau senang, maka Allah Swt. akan memberikan dua balasan. Pertama balasan akan diberikan di dunia berupa doa malaikat. Kedua, balasan di akhirat berupa anugerah sahabat sejati.

Pertama, berkat kita membahagiakan orang lain, maka Allah Swt. akan menciptakan satu malaikat yang bertugas untuk melindungi kita dari berbagai musibah di dunia. Kebahagiaan yang kita tanamkan dalam hati keluarga, sahabat, atau siapun saja. akan menumbuhkan perhatian malaikat. Semakin banyak menabur benih kebahagian dalam hati orang lain, maka malaikat yang mendoakan akan semakin banyak.

Baca Juga :  Apakah Sah Melaksanakan Haji dengan Uang Pinjaman?

Banyak cara untuk membuat orang lain bahagia atau bergembira. Bisa dengan ucapan, tindakan, perhatian, dan pemberian (sedekah atau hadiah). Mobil-mobilan, walau hanya sekedar mainan, ia akan sangat berharga bagi anak kecil. Saat kita melakukan perjalanan jauh, setidaknya bawa oleh-oleh walau hanya seharga 5000 ribu rupiah untuk keluarga di rumah.

Saat bertemu dengan sahabat lama, panggilah salam dengan disertai senyuman. Karena salam termasuk doa dan senyum termasuk bagian dari sedekah. Salam sapa dan senyum amat berharga bagi teman kita, sebagai bukti bahwa kita masih mengingatnya.Saat kita menyapa orang di pinggir jalan, barengilah dengan senyuman atau muka berseri-seri. Ini sebagai pertanda bahwa kita menyapa dengan perasaan senang. Bukan formalitas belaka.

Semua usaha yang kita lakukan untuk membahagiakan orang lain adalah menjadi pintu turunnya malaikat untuk mendoakan kita.

Kedua, di akhirat, mulai dari alam barzakh sampai hari kiamat akan ada sahabat yang menemani kita. Kita tidak akan sendirian di alam kubur apabila senang membuat orang lain bahagia. Semua kebahagian tersebut akan mengubah dirinya menjadi sosok teman sejati yang tiap hari menemani kita.

Selain dua ganjaran di atas, ada satu lagi pahala membuat orang lain bahagia, yakni lebih baik dari 60 tahun beribadah. Rasulullah Saw.  bersabda,

ادخال السرور في قلب مؤمن خير من عبادة ستين سنة

Memberikan kegembiraan pada hati orang mukmin lebih baik dari ibadah 60 tahun.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ganjaran membuat orang lain bahagia ada 3 macam.  Mulai dari terciptnya malaikat yang mendoakan pas di dunia, hadiah teman sejati di dalam kubur, dan pahala seperti orang yang ibadah 60 tahun.

Wallahua’lam.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here