Tiga Cara Memupuk Iman

0
825

BincangSyariah.Com – Imam Bukhari dalam Bab Menebarkan Salam, menyebutkan perkara-perkara yang dapat menumbuhkan Iman. Siapa saja yang membiasakan diri melakukan hal tersebut dapat memupuk iman dalam hati. Sehingga iman akan tumbuh dengan subur. Imam Bukhari mengutip perkataan seorang sahabat, yang bernama Ammar bin Yasar. Ia mengatakan

 ثلاث من جمعهن فقد جمع الايمان الانصاف من نفسك وبذل السلام ﷲ للعالم والانفاق من القتار

“Tiga hal siapa saja yang mengumpulkannya, maka dia telah mengumpulkan keanan, yaitu: bersikap inshaf, mengucapkan salam kepada kaum muslim, berinfak dalam kesempitan rezeki”.

Menurut Amar bin Yasar, ketika hal tersebut jika telah dimiliki oleh seorang muslim berarti ia mengumpulkan keimanan kepada Allah dalam hatinya. Ia akan merasakan buah dari rasa iman dan keutamaan-keutamaannya sebab melakukan amalan tersebut.

Ketiga amalan tersebut di antaranya;

Pertama, menginsafkan diri maksudnya berlaku adil menunaikan hak Allah dan manusia. Hak Allah adalah dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Hak manusia adalah memberikan hak mereka sebagai manusia dan menuntut hal yang bukan haknya.

Kedua, menyampaikan dalam kepada kaum muslim. Dalam atsar di atas, ‘Ammar menggunakan frasa lil-‘alam kepada semua yang ada di alam. Maka maksud salam bisa diartikan dengan kedamaian. Kedamaian bisa tercapai mana kala orang lain selamat dari kejahatan tangan ataupun lisan sebagaimana Rasulullah sebutkan dalam hadis lainnya.

Ketiga, berinfaq di kala sempit rejeki. Yaitu ketika ia mengalami kesulitan dalam hidup ia tetap berinfaq. Seseorang yang dapat melakukannya berarti keimanan telah tumbuh dalam hatinya. Sebab berinfak di kala ia sendiri sedang mengalami kesulitan merupakan puncak tawakal dan kepercayaan seorang hamba kepada Rabb-nya.

Baca Juga :  Bolehkah Mengganti Kurban dengan Uang?


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here