Tiga Cara Agar Dicintai Allah

0
21

BincangSyariah.Com – Berikut ada 3 cara agar Anda dicintai Allah. Dan diampuni segala dosa-dosanya. Lantas, bersatu dengan orang-orang yang saleh dalam surga-Nya.

Pertama,  Tinggalkan nafsu birahi yang buruk. Dalam Islam, salah satu sumber kekacauan adalah keinginan yang berlebihan. Bila manusia sudah dihinggapi sikap rakus, maka malapetakalah yang akan datang.  Dan secara otomatis, cinta Allah yang Maha kasih akan sulit digapai.

Pendapat ini sebagaimana dituturkan oleh ahli hikmah Ibnu Atha’illah as-Sakandari dalam kitab al-Hikam. Kata-kata mutiara  sufi Mesir ini berbunyi;

أمْ كَيْفَ يَرْحَلُ إلَى االله ، وَهُوَ مُكَبَّلٌ بِشَهَوَاتِه

Artinya; Bagaimanakah bisa sampai  kepada kasih  Allah, sedangkan ia terikat dengan syahwat dan birahinya.

Kedua; berbuat baik kepada sesama manusia. Adalah kiat kedua agar kita dicintai Allah. Manusia sejatinya bersaudara dengan manusia yang lain. Sebagai makhluk sosial, sudah menjadi suatu keniscayaan untuk saling berkasih sayang.

Dalam sebuah hadist nabi Muhammad bersabda;

المسلم أخو المسلم، لا يظلمه ولا يسلمه، ومن كان في حاجة أخيه كان الله في حاجته، ومن فرَّج عن مسلم كربة فرج الله عنه كربة من كربات يوم القيامة، ومن ستر مسلما ستره الله يوم القيام. رواه البخاري

Artinya; Seorang muslim itu  adalah saudara bagi muslim yang lainn. Maka jangan berbuat zalim kepadanya,  jangan serahkan dia kepada orang yang hendak menyakitinya. Orang-orang yang menolong saudaranya, maka Allah memperkenankan hajatnya. Barangsiapa yang mempermudah kesulitan seorang muslim, niscaya Allah  senantiasa melapangkan pelbagai kesulitannya di hari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi  aib  sesama muslim, niscaya Allah akan menutupi aib pada hari kiamat.

Cara ketiga, adalah menjauhi dosa. Imam Ghazali dalam Mukasyafatul qulub pun memberikan nasihat ulung. Ia menyebut untuk membersihkan batin seseorang harus menjauhi dosa.

قال بعض الحكماء سلامة الجسد في قلة الطعام وسلام الروح في قلة الآثام وسلامة الدين في الصلاة على خير الأنام

Artinya;  Orang bijaksana berkata: keselamatan jasad itu  tatkala makanan, keselamatan ruh itu tatkala manusia sedikit dosa, dan keselamatan agama itu ketika menebarkan rahmat kepada sesama manusia.

Demikianlah cara-cara agar kita dicintai Allah. Semoga kita senantiasa berada dalam lindungan cinta dan kasih sayang Tuhan.

(Baca:Haidar Bagir: Ihsan dan Cinta Adalah Mahkota Agama Islam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here