Tiga Akibat Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Haram

0
12995

BincangSyariah.Com – Allah swt. telah memberikan tuntunannya di dalam Al-Qur’an maupun melalui hadis Nabi saw. tentang makanan dan minuman yang haram dan halal dikonsumsi. Sehingga umat Islam hendaknya memperhatikan apa yang akan dimakan atau diminumnya, apakah berasal atau terdiri dari hal yang haram atau halal. Dan berikut adalah tiga akibat mengkonsumsi makanan dan minuman haram sebagaimana yang telah disebutkan oleh KH. Ali Mustafa Ya’qub di dalam buku Islam Masa Kini.

Pertama. Membawa ke Neraka.

Apabila jasad manusia itu bahan bakunya terdiri dari hal-hal yang diharamkan oleh agama, maka berat rasanya jasad itu diajak untuk melakukan ibadah kepada Allah swt. Sebaliknya itu, justru ringan untuk diajak untuk melakukan maksiat, durhaka, dan melanggar larangan-larangan Allah swt.

Apabila jasad sudah melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah swt., maka tempat yang paling pantas bagi jasad-jasad yang lebih suka berbuat maksiat dan durhaka kepada Allah itu adalah neraka. Itulah jasad yang kotor, kotor dengan bahan baku yang haram, kotor dengan perilaku maksiat, tempatnya juga kotor penuh adzab. Sementara surga adalah tempat yang suci, dan hanya akan didiami orang-orang yang suci, atau yang telah disucikan dari hal-hal yang haram dan maksiat.

Demikianlah makna sebuah hadis shahih yang diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi, Imam Ibnu Hibban, Imam Al-Bazzar, dan Imam At-Tabrani. Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan masuk surga daging dan darah yang tumbuh dari bahan yang haram. Nerakalah tempat yang paling layak baginya.”

Kedua. Cikal Bakal Generasi yang Tidak Shalih

Mengkonsumsi makanan dan minuman juga bukan untuk kepentingan orang yang makan dan minum saja, melainkan juga untuk kepentingan “orang lain.” Bukankah jabang bayi yang masih berada di dalam rahim ibunya menyerap makanan dan minuman yang dimakan dan diminum oleh ibunya.?

Baca Juga :  Cara Memahami Hadis: Memahami Hadis yang Bertentangan dengan Al-Qur'an (1)

Bahkan jauh sebelum itu, bukankah jabang bayi itu juga tercipta dari sperma yang terbikin dari sari-sari makanan dan minuman? Apabila demikian, maka jabang bayi yang bahan bakunya terdiri dari makanan dan minuman yang haram juga akan menghasilkan perilaku yang haram pula. Atau dengan kata lain, manusia yang bahan bakunya haram, ia akan cenderung berperilaku haram pula. Dan apabila manusia sudah berperilaku haram, maka tempatnya yang paling layak kelak di akhirat hanyalah neraka.

Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan dan minuman dalam Islam, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan fisik saja, tetapi juga untuk membentuk generasi yang shalih, yang bahannya sejak awal tidak ternodai dengan hal-hal yang haram dan maksiat.

Ketiga. Doa Tidak Terkabul

Hal lain yang merupakan konsekuensi logis dari akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram adalah tidak terkabulnya doa. Hal ini sebagaimana hadis shahih yang diriwayatkan oleh imam Muslim sebagai berikut.

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw, bersabda, “Wahai manusia, sesungguhnya Allah itu baik, tidak menerima kecuali yang baik. Dan bahwasannya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang dengan hal-hal yang diperintahkan kepada para Rasul. Allah berfirman, “Wahai para Rasul, makanlah makanan yang baik-baik, dan beramallah yang shalih, kerena sesungguhnya Aku sangat mengetahui apa yang kamu lakukan.” (Q.S. Al-Mukminun: 51). Dan Allah berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, makanlah makanan yang baik-baik dari yang telah Kami rezekikan kepadamu.” (Q.S. Al-Baqarah: 172). Kata Abu Hurairah selanjutnya, kemudian Rasulullah saw. menyebutkan seorang yang berjalan jauh (musafir), rambutnya semrawut, badannya kotor berdebu. Ia menengadahkan kedua tangannya ke langit, seraya berkata wahai Tuhanku, Wahai Tuhanku. Padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan dia mengkonsumsi hal-hal yang haram. Mana mungkin doanya akan terkabulkan oleh Allah.”

Baca Juga :  Tiga Tips Agar Hati Selalu Ikhlas

Maka, apabila gara-gara sedikit makan makanan yang haram atau memakai barang yang haram kemudian doa dan ibadah kita ditolak Allah, maka bukankah ini adalah hal gawat dan mengerikan?

Demikianlah tiga akibat mengkonsumsi makanan dan minuman haram. Hal ini penting sekali diperhatikan oleh setiap muslim agar terhindar dari api neraka, terciptanya generasi yang shalih dan terkabulnya doa-doa yang dipanjatkan. Semoga kita dapat melaksanakannya. Aamiin. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here