Tidak Ada Manusia Jomlo di Surga

0
440

BincangSyariah.Com – Ada di antara manusia yang memilih untuk tidak memiliki pasangan alias menjomlo seumur hidupnya. Alasannya pun beragam. Ada yang sibuk dengan kerjaan, studi dan akademisi atau dia sudah menikmati hidup sendiri. Lalu, apakah di akhirat nanti ia juga akan menjomlo?

Terkait dengan hal ini, terdapat riwayat di dalam Shahih Muslim bahwa Muhammad bin Sirrin sedang membicarakan para laki-laki dan perempuan yang saling membanggakan dan saling mengingatkan satu dengan lainnya. Apakah di surga kelak lebih banyak kaum laki-lakinya atau justru perempuannya? Lalu Abu Hurairah r.a. pun memberikan komentar.

أَوَلَمْ يَقُلْ أَبُو الْقَاسِمِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ أَوَّلَ زُمْرَةٍ تَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ وَالَّتِى تَلِيهَا عَلَى أَضْوَإِ كَوْكَبٍ دُرِّىٍّ فِى السَّمَاءِ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ زَوْجَتَانِ اثْنَتَانِ يُرَى مُخُّ سُوقِهِمَا مِنْ وَرَاءِ اللَّحْمِ وَمَا فِى الْجَنَّةِ أَعْزَبُ ». رواه مسلم.

Bukankah Abul Qasim (Rasulullah) saw. telah bersabda, “Sungguh rombongan pertama yang akan masuk surga adalah dalam rupa bulan seperti di malam purnama. Selanjutnya, dalam rupa seperti bintang kejora yang ada di langit. Setiap laki-laki dari mereka memiliki dua istri yang dari balik dagingnya terlihat sumsum betisnya. Dan di dalam surga tidak ada laki-laki yang membujang (jomlo).” (H.R. Muslim).

Berdasarkan hadis tersebut, maka dapat dipahami bahwa tidak ada manusia jomlo di surga. Pasti seorang laki-laki akan mendapatkan istri di sana. Begitu pula dengan seorang perempuan. Meskipun di dunianya ia belum sempat merasakan mahligai pernikahan.

Adapun manusia yang masuk neraka, tentunya mereka tidak akan sempat memikirkan nikmatnya memiliki pasangan karena sibuk dengan siksaan yang mereka terima. Namun, jika masih ada sedikit iman di dalam hatinya, maka mereka tetap akan masuk surga setelah masa siksaannya di neraka selesai. Barulah ketika di dalam surga, mereka juga akan memiliki pasangan seperti penghuni surga lainnya.

Baca Juga :  Tidak Semua Bencana adalah Azab Tuhan

Teks hadis tersebut juga menggambarkan bahwa kaum perempuan banyak yang menghuni surga. Padahal di dalam hadis lainnya (baca di sini), Nabi saw. juga mengatakan bahwa penduduk neraka yang paling banyak adalah perempuan. Menurut Qadhi Iyadh sebagaimana dikutip oleh imam Nawawi di dalam Syarh Shahih Muslim mengatakan bahwa hal ini dikarenakan anak cucu Nabi Adam alias manusia itu paling banyak terdiri dari kaum perempuan, sehingga pantas saja sebagian besar ada yang di surga, sebagian besarnya lagi di neraka.

Demikianlah keterangan yang bersumber dari sabda Nabi saw., bahwasanya tidak ada manusia jomlo di surga. Semuanya pasti akan mendapatkan pasangan masing-masing. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here