Tersedia Beasiswa, el-Bukhari Institute Buka Kelas Hadis Periode Maret 2019

0
483

BincangSyariah.Com – Alhamdulillah, berkat Pertolongan Allah Swt dan juga kerjasama yang solid dari semua tim, program el-Bukhari Institute (eBI), Sekolah Hadis dengan Metode Short Course dan Focus Group Discussion dapat terselenggara dengan baik dan sukses. Kegiatan perdana tersebut dibuka secara resmi sejak 2016 silam. Kegiatan tersebut diakhiri dengan ujian akhir program yang diikuti oleh semua peserta yang berasal dari berbagai instansi dan jenjang pendidikan yang berbeda-beda.

Sebagaimana tujuan awalnya, program ini dirancang secara intensif selama kurang lebih 14x pertemuan/program dan dibagi menjadi tiga level yang berbeda sesuai dengan kecendrungan peserta, yaitu kelas mustalah, kelas takhrij, dan kelas thuruq. Kelas mustalah membantu peserta untuk menguasai materi-materi dasar seputar Ilmu Mustalah Hadis, kelas takhrij berusaha mengenalkan kepada peserta berbagai macam metode takhrij hadis dasar serta kajian sanadnya, sedangkan kelas thuruq bertujuan untuk mendiskusikan bagaimana metode memahami hadis-hadis Nabi secara baik dan benar.

Ketiganya merupakan inti dari kajian hadis kontemporer sebagaimana yang juga pernah disebutkan oleh Kiai Ali Mustafa Yaqub dalam beberapa bukunya. Sehingga dengan mengikuti program ini para peserta dapat mengarungi sebuah cabang keilmuan yang kompleks di mana sangat sedikit di antara akademisi saat ini yang mau dan rela mewakafkan dirinya untuk mengkajinya secara serius nan mendalam, yaitu Ilmu Hadis. Untuk itulah sesungguhnya eBI dengan program Sekolah Hadis-nya berusaha mengisi kekosongan –atau paling tidak kesunyian itu- agar dapat tumbuh dan berkembanglebih pesat untuk beberapa tahun ke depan.

Kelebihan program ini terletak pada bentuk penyajian dan durasi belajarnya yang lebih singkat, yaitu lebih kurang 14x pertemuan / program. Hal ini terinspirasi dari beberapa program serupa yang pernah diadakan oleh lembaga penelitian lain dalam disiplin ilmu yang berbeda, seperti Sekolah Demokrasi yang diadakan oleh Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID), Pendidikan Kader Mufasir oleh Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) pimpinan Prof. Quraish Shihab, dan lain sebagainya. Sehingga dengan demikian, program ini mencoba menepis anggapan sementara orang yang menyebutkan bahwa belajar hadis itu harus lama dan bertahun-tahun.

Baca Juga :  Perhatikan Empat Hal Ini Sebelum Mengikuti Asuransi

Menyusul kesuksesan periode sebelumnya, Sekolah Hadis kembali membuka kelas baru untuk semua level bagi siapa saja yang berminat, baik dari kalangan mahasiswa ataupun umum. Program lanjutan ini akan dimulai pada 18 Maret 2019 mendatang dengan rincian  sebagaimana berikut.

1. Kelas Mustalah Hadis.
2. Kelas Takhrij dan Dirasah Sanad.
3. Kelas Thuruq Fahmil Hadis.

A. Jadwal Pelaksanaan :
Mulai belajar : Senin, 18 Maret 2019.

B. Batas Akhir Pendaftaran :
Dari sekarang hingga 17 Maret 2019.

C. Pilihan Hari Belajar :
1. Senin & Kamis (Kelas Thuruq).
2. Selasa & Jum’at (Kelas Takhrij).
3. Rabu & Sabtu (Kelas Musthalah).

D. Durasi dan Jam Belajar :
1,5 jam, 16.00 – 17.30 WIB.

E. Kuota Maksimal Kelas :
Hanya 10 orang/kelas.

F. Jumlah Pertemuan :
14x pertemuan/program.

G. Metode Pengajaran :
Ceramah, FGD, student active learning dengan variasi-variasi lainnya.

H. Buku Pegangan Dasar :
1. _Taisir Mustalah Hadis_.
2. _Ushul al-Takhrij wa Dirasah al-Asanid_.
3. _al-Thuruq al-Shahihah fi Fahm al-Sunnah al-Nabawiyyah_.

I. Target Masing-Masing Kelas :
1. Menguasai materi-materi dasar terkait Ilmu Mustalah Hadis.
2. Mengenal metode takhrij hadis dasar dan kajian sanadnya dengan metode digital.
3.Memahami metode memahami hadis secara benar dan humanis.

J. Sumbangan Program :
Rp. 300.000,-/program

K. Tempat :
Kantor el-Bukhari Institute, Jalan Cirendeu Indah II, No. 95. RT. 04/RW. 09, Kelurahan Cireundeu, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

L. Contact Person :
WA : 0821-1000-9737
FB : el-Bukhari Institute
Twitter : @elbukhari_inst
www.elbukhbariinstitute.or.id
IG : @Elbukhari_Institute

M. Formulir Pendaftaran Online :
_Klik di sini_ http://tinyurl.com/FormSekolahHadis

=========
_TERSEDIA BEASISWA KHUSUS UNTUK 3 ORANG PESERTA DENGAN SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU.!_

#AyoNgajiHadis.!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here