Tentang Riwayat Hadis Bacaan Tahiyat Akhir yang Beragam

0
1097

BincangSyariah.Com – Salah satu rukun salat adalah membaca tasyahhud akhîr (taḥiyât akhir). Wahbah az-Zuḥailî menyebutkan bahwa rukun adalah sesuatu yang harus dikerjakan dalam salat. Apabila rukun tersebut tidak dipenuhi, maka salat menjadi tidak sempurna (tidak sah). Sama halnya dengan rumah yang selamanya tidak akan bisa berdiri tegak tanpa adanya rukun (pondasi dan tiang) yang menyangganya (al-Fiqh al-Islâmiyyu wa Adillatuhû,1985, I: 623).

Menurut Imam Nawawî al-Jâwî dalam Syarḥ Kâsyifah as-Sajâ (hlm. 56), taḥyât akhir yang harus dibaca oleh setiap muṣallî (orang yang melaksanakan salat) adalah: pertama, at-taḥiyyât al-mubârakât aṣ-ṣalawât aṭ-ṭayyibât lillâh. Kedua, as-salâm ‘alaika ayyuhâ an-nabiyyu wa raḥmatullâh wa barkâtuh. Ketiga, as-salâm ‘alainâ wa ‘alâ ‘ibâdillâh aṣ-ṣâliḥîn; dan keempat, asyhadu an lâ ilâha illallâh wa asyhadu anna muḥamadar rasûlullâh. Keempat kalimat tersebut harus dibaca, baik ketika melaksanakan salat yang memiliki dua taḥyât (awal dan akhir), seperti zuhur, asar, dan isya’ maupun ketika amelaksanakan salat yang memiliki satu taḥyât, seperti subuh dan jumaat.

Sayyid Sabiq menjelaskan dalam Fiqh as-Sunnah (2000, I: 97-98) bahwa keempat kalimat taḥyât itu merupakan petunjuk langsung dari Rasulullah saw. yang diajarkan kepada para sahabat dahulu, sebagaimana dijumpai dalam hadis.

Ibn Mas’ud ra. menceritakan bahwa awal mulanya para sahabat membaca kalimat as-salâm ‘alâ allâh (kesejahteraan atas Allah), as-salâm ‘alâ fulân wa fulân (kesejahteraan atas fulan dan fulan) ketika taḥyât. Namun, Nabi saw. kemudian menegur mereka seraya berkata, “janganlah kalian membaca kalimat as-salâm ‘alâ allâh karena Allah sendiri adalah as-salâm (Maha Sejahtera). Kalau kalian sedang duduk taḥyât, maka bacalah kalimat ini: at-taḥiyyât lillâh wa aṣ-ṣalawât wa aṭ-ṭayyibât; as-salâm ‘alaika ayyuhâ an-nabiyyu wa raḥmatullâh wa barkâtuh; as-salâm ‘alainâ wa ‘alâ ‘ibâdillâh aṣ-ṣâliḥîn; asyhadu an lâ ilâha illallâh wa asyhadu anna muḥamadan ‘abduhû wa rasûluhû; dan teruskan dengan memanjatkan doa yang kalian sukai.”

Baca Juga :  Selain Kerja Keras, Baca Shalawat Awwalin wal Akhirin Ini Agar Cita-cita Tercapai

Riwayat lain dari Ibn ‘Abbas ra. berbunyi: at-taḥiyyât al-mubârakât aṣ-ṣalawât aṭ-ṭayyibât lillâh; as-salâm ‘alaika ayyuhâ an-nabiyyu wa raḥmatullâh wa barkâtuh; as-salâm ‘alainâ wa ‘alâ ‘ibâdillâh aṣ-ṣâliḥîn; dan asyhadu an lâ ilâha illallâh wa asyhadu anna muḥamadan ‘abduhû wa rasûluhû.

Sedangkan riwayat dari Sayyidunâ Umar bin Khattab ra. berbunyi: at-taḥiyyât lillâh, az-zâkiyât lillâh, aṭ-ṭayyibât wa aṣ-ṣalawât lillâh; as-salâm ‘alaika ayyuhâ an-nabiyyu wa raḥmatullâh wa barkâtuh; as-salâm ‘alainâ wa ‘alâ ‘ibâdillâh aṣ-ṣâliḥîn; dan asyhadu an lâ ilâha illallâh wa asyhadu anna muḥamadan ‘abduhû wa rasûluhû.

Imam an-Nawawî menyebutkan bahwa meskipun terdapat beberapa perbedaan secara redaksional (matan) dalam hadis tasyahhud (taḥyât) tersebut, tetapi secara sanad semuanya sahih. Dalam penilaian para ulama hadis, hadis tasyahhud yang diriwayatkan oleh Ibn Mas’ud ra. adalah paling sahih dan kemudian (paling sahih kedua) adalah hadis tasyahhud yang diriwayatkan oleh Ibn ‘Abbas ra.

Namun demikian, para ulama fikih, menurut Imam asy-Syâfi’î’, sama-sama sepakat akan kebolehan menggunakan salah satu dari ketiga kalimat taḥyât tersebut. Cuman Imam asy-Syâfi’î’ lebih memilih bacaan taḥyât dari riwayat Ibn ‘Abbas ra. kerena dianggap lebih lengkap dan sempurna daripada yang lain (Fiqh as-Sunnah, 97-98).

Sedangkan Imam Abû Ḥanîfah dan Imam Aḥmad bin Hanbal memilih redaksi taḥyât dari riwayat Ibn Mas’ud ra. dan Imam Mâlik memilih dari riwayat Sayyidunâ Umar bin Khattab ra. (Ibn Rusyd, Bidâyah al-Mujtahid wa Nihâyah al-Muqtaṣid, 2005, I: 106).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here