Telur dari Bangkai Hewan, Apakah Halal Dimakan?

0
1230

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, sudah maklum bahwa bangkai hewan hukumnya adalah najis dan tidak halal dimakan. Terkadang, ada hewan tertentu yang mati menjadi bangkai sementara di dalam perutnya terdapat telur, misalnya ayam petelur. Bagaimana hukum telur dari bangkai hewan, apakah halal dimakan? (Hukum Makan Telur yang Berdarah)

Ulama Syafiiyah berbeda pendapat terkait hukum telur yang berada di perut hewan sudah menjadi bangkai. Setidaknya, ada dua pendapat dalam masalah ini.

Pertama, dihukumi najis dan tidak halal dimakan secara mutlak, baik telur yang ada di dalam perut hewan tersebut masih lunak atau sudah mengeras. Oleh karena itu, jika ada hewan mati menjadi bangkai dan ada telur di dalam perutnya, maka telur tersebut dihukumi najis seperti kenajisan bangkai hewan tersebut.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Nihayatuz Zain berikut;

فائدة: إذا فسد البـيض بحيث لا يصلح للتخلق فهو نجس، وكذا بـيض الميتة وما عدا ذلك طاهر مأكول ولو من حيوان غير مأكول كالحدأة والغراب والعقاب والبومة والتمساح والسلحفاة ونحوها إلا بـيض الحيات

Faidah; ketika telur telah rusak, hingga tidak bisa berkembang untuk jadi piyik, maka hukumnya najis. Demikian pula telur hewan yang telah mati (telur bangkai). Dan selain itu, semua dihukumi suci dan bisa dimakan meskipun dari hewan yang tidak bisa dimakan seperti rajawali, gagak, elang, burung hantu, buaya, kura-kura dan semisalnya kecuali telur dari golongan ular.

Kedua, dihukumi suci jika telur tersebut sudah mengeras dan dihukumi najis jika masih lunak. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Fathul Mu’in berikut;

وبيض الميتة إن تصلب طاهر وإلا فنجس

Telur bangkai jika sudah mengeras, maka dihukumi suci. Jika masih belum mengeras (lunak), maka dihukumi najis.

Baca Juga :  Benarkah Telur Ayam Perlu Dicuci Karena Najis ?

Ini juga disebutkan dalam kitab Al-Bujairimi ala Al-Khatib berikut;

ﻭﺍﻟﺒﻴﺾ ﺍﻟﻤﺄﺧﻮﺫ ﻣﻦ ﺣﻴﻮﺍﻥ ﻃﺎﻫﺮ ﻭﻟﻮﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻣﺄﻛﻮﻝ ﻃﺎﻫﺮ, ﻭﻛﺬﺍ ﺍﻟﻤﺄﺧﻮﺫ ﻣﻦ ﻣﻴﺘﺔ ﺇﻥ ﺗﺼﻠﺐ ﻭﻳﺮﺯ ﺍﻟﻘﺼﺮ

Telur yang diambil dari hewan yang suci meskipun tidak halal dimakan dihukumi suci. Begitu juga dihukumi suci telur yang diambil dari bangkai jika telur sudah mengeras dan cangkangnya sudah nampak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here