Telaah Hadis Tentang Kedua Tangan Allah Semuanya Kanan

0
1405

BincangSyariah.Com – Dalam menghadapi pandemi ini tak perlu putus asa. Tenang saja sebab kedua tangan Allah kanan semua. Rasulullah bersabda:

وَكِلْتَا يَدَيْهِ يَمِينٌ

“kedua tangan Allah kanan”. (HR. Muslim)

Apa makna “kedua tangan” Allah kanan semua? Tentu saja bukan seperti bayangan para ahli bid’ah mujassimah yang mengira artinya Allah punya dua organ tangan di sebelah kanan semua. Maha Suci Allah dari bayangan bathil mereka. Maksudnya adalah seperti dinyatakan oleh Imam Ibnu Qutaibah (276 H) berikut ini:

وَإِنَّمَا أَرَادَ بِذَلِكَ مَعْنَى التَّمَامِ وَالْكَمَالِ، لِأَنَّ كُلَّ شَيْءٍ؛ فَمَيَاسِرُهُ تَنْقُصُ عَنْ مَيَامِنِهِ فِي الْقُوَّةِ وَالْبَطْشِ وَالتَّمَامِ. وَكَانَتِ الْعَرَبُ تُحِبُّ التَّيَامُنَ، وَتَكْرَهُ التَّيَاسُرِ، لِمَا فِي الْيَمِينِ مِنَ التَّمَامِ، وَفِي الْيَسَارِ مِنَ النَّقْصِ، وَلِذَلِكَ قَالُوا: “الْيُمْنُ وَالشُّؤْمُ”.

“Sesungguhnya yang dikehendaki dari itu adalah makna keparipurnaan dan kesempurnaan sebab segala sesuatu itu kirinya lebih kurang dari kanannya dalam segi kekuatan, genggaman dan kesempurnaan. Orang Arab suka menggunakan kanan dan tidak suka menggunakan kiri sebab di kanan ada kesempurnaan sedangkan di kiri ada kekurangan. Karena itulah, mereka berkata “kanan (keberuntungan) dan kesialan”

Imam Ibnu Qutaibah juga memberi tafsir alternatif selain di atas. Ia mengatakan:

وَيَجُوزُ أَنْ يُرِيدَ: الْعَطَاءَ بِالْيَدَيْنِ جَمِيعًا، لِأَنَّ الْيُمْنَى هِيَ الْمُعْطِيَةُ. فَإِذَا كَانَتِ الْيَدَانِ يَمِينَيْنِ، كَانَ الْعَطَاءُ بِهِمَا

“Boleh saja dimaksudkan bahwa pemberian dilakukan dengan kedua “tangan” secara bersamaan sebab yang kanan adalah yang memberikan. Maka tatkala kedua “tangan” adalah kanan, maka pemberian dilakukan dengan keduanya”. (Ibnu Qutaibah, Ta’wil Mukhtalaf al-Hadits, 304)

Itu artinya Allah sangat peduli pada hambanya dan pemberiannya melimpah. Ia tidak memberi setengah-setengah atau biasa-biasa saja tetapi Allah Maha Pemurah. Sebab itu tak perlu kita putus asa dari rahmat Allah meskipun keadaan sedang sulit.

Baca Juga :  Islam dan Militerisme dalam Lintasan Sejarah (2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here