Telaah Hadis; Di antara Kubur dan Mimbarku Terdapat Taman Surga

1
684

BincangSyariah.Com – Imam Nawawi dalam al-Azkar mengatakan, dianjurkan bagi tiap-tiap orang yang melakukan ibadah haji untuk melakukan ziarah ke makam Rasulullah Saw. Di sana, umat Islam dianjurkan berdoa sebanyak-banyaknya karena di sana termasuk tempat yang mustajab.

Dalam sebuah hadis dikatakan

عن عبد الله بن زيد المازني رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما بين بيتي ومنبري روضة من رياض الجنة

Dari Abdullah bin Zaid al-Mazini ra, Rasulullah Saw bersabda, “Di antara rumahku dan mimbarku terdapat taman (raudhah) di antara taman surga.”(HR. Bukhari, Muslim, an-Nasai)

Dirwiayatkan bahwa Rasulullah dikebumikan di rumah yang beliau tempati bersama Aisyah di dekat masjid beliau. Sekarang begitu masjid Nabawi mengalami perluasan maka kubur beliau telah menjadi bagian dari Masjid Nabawi. Sementara dalam hadis lain yang diriwayatkan Ahmad dan al-Thabrani disebutkan dengan redaksi qabrii, kuburku.

Para ulama hadis memaknai raudhah dengan beberapa penjelasan. Di antaranya;

Pertama, raudhah seperti taman dari taman-taman surga dalam hal turunnya kasih sayang dan kebahagiaan yang dianugerahkan Allah sehingga doa-doa yang dipanjatkan terijabah.

Kedua. Sesugguhnya ibadah di antara kubur dan mimbar beliau merupakan sebab mendapatkan surga karena itu berdoa di raudhah dianalogikan seperti berdoa di taman surga.

Ketiga. Bahwa maksud raudhah di hadis tersebut merupakan makna yang hakiki, yaitu di mana tempat antara kubur dan mimbar beliau kelak akan diangkat ke surga oleh Allah.

Wallahu’alam.

Baca Juga :  Menurut Hadis, Ada Dai yang Tidak Selamat, Apa Penjelasannya?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here