Tata Cara dan Adab Menyembelih Hewan

0
179

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, menyembelih hewan sangat dianjurkan untuk dilakukan dengan baik dan lemah lembut. Sebisa mungkin sebelum dan pada saat menyembelih tidak menyakiti hewan. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Allah mewajibkan agar kita berbuat ihsan dan baik pada hewan, termasuk ketika hendak menyembelihnya.

Dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Ya’la, dia berkata bahwa Nabi Saw. bersabda;

إِنَّ اللهَ كَتَبَ الْإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ، فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ، وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذِّبْحَ، وَلْيُحِدَّ أَحَدَكُمْ شَفْرَتَهُ وَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ

“Sesungguhnya Allah telah mewajibkan berbuat ihsan atas segala sesuatu. Apabila kalian membunuh, maka bunulah dengan baik. Apabila kalian menyembelih, maka sembelihlah dengan baik dan hendaklah salah seorang di antara kalian menajamkan pisaunya dan senangkanlah hewan yang akan disembelih.”

Berikut adalah tata cara dan adab yang dianjurkan saat menyembelih hewan agar sesuai dengan ihsan sebagaimana disebutkan dalam hadis di atas;

Pertama, menghadap kiblat dan memalingkan hewan yang hendak disembelih ke arah kiblat. Kedua, sebelum hewan disembelih, dianjurkan untuk membaca basmalah serta salawat dan salam kepada Nabi Saw.

Ketiga, mempercepat pemotongan halqum (saluran pernafasan) dan mari’ (saluran pencernaan) ketika menyembelih.

Keempat, menggiring hewan yang hendak disembelih ke tempat penyembelihan dengan lembut.

Kelima, sebelum disembelih, hewan tersebut diberi minum terlebih dahulu.

Keenam, menajamkan pisau dan tidak diperlihatkan di hadapan hewan tersebut.

Ketujuh, memotong wadajain atau dua urat yang ada di leher agar mempercepat kematian hewan.

Kedelapan, jika sudah disembelih, maka dibiarkan hingga hewan tersebut benar-benar sudah mati. Tidak boleh menguliti kulit hewan yang sudah disembelih kecuali sudah benar-benar sudah mati.

Baca Juga :  Haramkah Sayuran yang Dipupuk Pakai Kotoran Babi atau Anjing?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here