Tanah Wakaf Masjid Digunakan Untuk Jalan, Apakah Boleh?

0
1125

Sering kita menjumpai sebagian tanah wakaf masjid digunakan untuk jalan. Ini dilakukan untuk memudahkan kaum muslimin menuju masjid, terkadang juga digunakan untuk jalan umum karena butuh pelebaran. Sebenarnya, bagaimana hukum tanah wakaf masjid digunakan untuk jalan, apakah boleh?

Menggunakan sebagian tanah wakaf masjid untuk membuat jalan, atau untuk pelebaran jalan umum, hukumnya diperbolehkan selama hal itu untuk kepentingan umum dan tidak ada tanah lain kecuali tanah wakaf masjid tersebut.

Bahkan menurut ulama Hanafiyah, bukan hanya tanah wakaf masjid yang boleh digunakan untuk jalan, namun juga boleh menggunakan sebagian masjid untuk jalan atau pelebaran jalan jika jalan sempit, sementara sebagian masjid tersebut tidak digunakan. Hal ini karena masjid dan jalan umum sama-sama untuk kepentingan umum, sehingga jika tanah wakaf masjid digunakan untuk jalan atau pelebaran jalan hukumnya dibolehkan.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Ad-Durr al-Mukhtar berikut;

اذا كان الطريق ضيقا والمسجد واسعا لا يحتاج الى بعضه جازت الزيادة فى الطريق من المسجد لان كل منها للمصلحة العامة

Jika jalan sempit dan masjid luas dan sebagiannya tidak diperlukan, maka boleh menambah jalan dari masjid tersebut karena semuanya untuk kemaslahatan umum.

Begitu juga menurut ulama Malikiyah. Boleh menggunakan tanah wakaf masjid untuk jalan atau pelebaran jalan umum, atau sebaliknya, yaitu menggunakan tanah wakaf jalan untuk masjid. Menurut mereka, tanah yang sudah diwakafkan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan kemaslahatan umum, maka boleh digunakan untuk membantu kepentingan umum yang lain.

Misalnya, tanah wakaf kuburan umum boleh digunakan sebagiannya untuk masjid jika masjid membutuhkan, boleh juga digunakan untuk jalan atau pelebaran jalan jika hal itu dibutuhkan. Begitu sebaliknya, boleh tanah wakaf masjid digunakan untuk jalan atau kuburan jika hal itu dibutuhkan.

Baca Juga :  Kata Nabi, Pengadu Domba Tak Masuk Surga

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Ad-Durrul Mukhtar berikut;

وجاء فى كتب المالكية ان ما كان الله فلاباءس فيه ان يستعان ببعضه فى بعض ومعنى هذا انه يجوزتوسيع الطريق من المسجد والقبرة كما يجوز توسبع المسجد من الطريق والمقبرة وتوسيع المفبرة من الطريق والمسجد

Dalam kitab-kitab ulama Malikiyah disebutkan bahwa sesuatu yang sudah diwakafkan untuk Allah, maka boleh saling membantu satu sama lain. Artinya, boleh melebarkan jalan dari masjid dan kuburan, sebagaimana boleh melebarkan masjid dari jalan dan kuburan dan melebarkan kuburan dari jalan dan masjid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here