Tafsir tentang Ayat Kewajiban Berterima Kasih pada Kedua Orangtua

1
3361

BincangSyariah.Com – Berterima kasih pada orang yang telah berjasa kepada kita itu sangat dianjurkan dalam agama Islam. Nabi Muhammad Saw. bersabda:

لا يشكر الله من لا يشكر الناس

Tidak dikatakan bersyukur pada Allah Swt. selagi ia tidak berterima kasih pada manusia (HR. Tirmidzi no. 1954)

Dalam artian percuma kita bersyukur kepada Allah Swt. jika masih belum mampu berterima kasih pada sesamanya.

Berterima kasih bisa pada siapa saja. Yang penting dia sudah berjasa pada kita, entah itu memusuhi kita, lawan politik, atau siapa saja, tetap harus berterima kasih. Lebih-lebih pada guru atas semua ilmu dan didikannya. Juga, apalagi pada kedua orangtua yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Bahkan perintah untuk berterima kasih pada kedua orang tua disandingkan dengan kewajiban bersyukur pada Allah Swt. Dia berfirman dalam Qs. Lukman (31) : 14,

اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْر

Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

Dalam Tafsir Ath-Thabari (J. 18/h. 551) bahwa perintah untuk bersyukur tersebut pertama kepada Allah Swt. atas nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita berupa kesempatan hidup di dunia. Kedua kepada kedua orang tua, khususnya ibu. Karena tanpa sebab keduanya kita tidak akan ada di dunia ini. Mulai dari merawat dan mendidik kita, menafkahi dan membesarkan kita sehingga beranjak dewasa.

Kedua orang tua kita melewati berbanyak ujian, bahkan penderitaan dalam memperjuangkan anaknya agar terlahir sempurna dan selamat ke dunia. Bahkan mereka berdua rela menderita asal anak bahagia, rela kelaparan asal anak kenyang, dan yang lainnya. Sehingga amat pantas kita berterima kasih pada keduanya walaupun mereka tidak meminta.

Baca Juga :  Ini Cara Agar Tidak Melupakan Pertanggungjawaban Nikmat Allah

Cara berbuat baik pada keduanya adalah dengan berbakti. Ikuti semua perintahnya dan jahui semua laranganya, asal tidak bertentangan dengan agama. Ringankan beban keduanya, misal dengan membantu ibu di dapur, membantu ayah di sawah bagi yang petani, dan lain sebagainya.

Di akhir ayat tersebut Allah Swt. menegaskan bahwa semua manusia pada akhirnya akan kembali pada-Nya. Dalam artian, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam At-bary (Juz 18/hal. 551) dalam tafsirnya, “Dia (Allah) akan menanyakan bagaimana engkau mengungkapkan rasa syukur atas nikmat-Nya. Dan juga bagaimana engkau berterima kasih pada kedua orang tuamu. Juga tentang baktimu pada keduanya.”

Oleh karena itu, ingatlah terus kebaikan orang lain pada kita, khususnya orang tua dan guru, sehingga tidak lupa untuk berterima kasih pada mereka. Sebaliknya, lupakanlah sebisa mungkin kesalahan yang telah mereka lakukan pada kita. Wallahua’lam.

1 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Ayat Suci Al-Qur’an Surat An-Nuur 24 : 27

    Panggil / Sebut daku dengan : RORO
    Mau Pakai tambahan : Mbak,Mpok atau Jeng RORO pun ora popo asal jangan panggil Ibu atau Tante yee.
    Atau mau panggil dengan NAMA langsung jg OKE karena lbh MESRA juga sih buat aku Cuy.

    RORO Sedang KEBELET Banget nih utk segera mencari / dapatkan JODOH PRIA / CALON SUAMI : COWOK MUSLIM, Apa Adanya, Baik Hati, Sederhana, Perhatian, Sayang, Jujur,
    Tidak Sombong, Penolong, Sabar, Humoris, Murah Senyum, Suka Tertawa, Gigih, Ulet Terus Menerus, Romantis, Setia kepada wanita dan mau / bisa nerimain RORO apa adanya juga.

    INFO PROFIL PRIBADI RORO:

    AKUN FACEBOOK : RORO MAYA — Cari & Tambahkan aja FB gue ini.

    TGL LAHIR : Jawa Tengah, 25 Juni 1985.
    STATUS : CEWEK SINGLE, MAPAN, TIDAK MATRE, TDK NEKO-NEKO, DERMAWAN juga (LAGI CARI JODOH) dari Cowok Lajang atau Duda pun ora popo.

    PEKERJAAN RORO : Sehari-hari Senin-Jumat (Jam 08.00-16.30) sbg Administrasi Pembukuan di PT.Ultrajaya Milk
    di Jl.Cimareme 131 Kawasan Padalarang Jawa Barat,
    selain memiliki Beberapa Usaha Bisnis sendiri dan Wiraswasta Makanan Kandungan Babi/Celeng/Bagong Hutan,Bubur.

    ASAL : Jawa Tengah.
    Domisili saat ini : Kota Bandung dan Cimahi.

    NOMOR KONTAK RORO :
    HANDPHONE : +62 878 234 78737 (NOMOR PRO XL)
    PIN BBM : 74F6397D
    OFFICE PHONE : +62 22 86700700
    EMAIL : [email protected]

    AGAMA : KRISTEN di GKI Kebonjati 100, Kota Bandung.
    WARGA : WNI 100% ASLI INDONESIA.
    Pendidikan : Sarjana Ekonomi S1 dari Universitas Maranatha Kota Bandung, dan lulusan dari SMA Negeri 4 Bandung.

    KEPRIBADIAN RORO : Gadis Perawan, Caper, Baper, Gosiper, Kuper, Cewek Pede & Geer an, Pemalu walau suka Malu-Maluin sih, Narsis, Gokil, Bohay, Genit, Doyan Makan+Ngemil, Travelling Jalan-jalan.
    ( Itu katanya Menurut penilaian dari para Teman2, Sahabat RORO ).

    Selain sbg Cewek Single yg Baik Hati, Mapan, TIDAK Materialistis,TIDAK Neko-Neko dlm memilih JODOH dan Dermawan mau menolong/bantu orang yang sedang mengalami masalah maupun kesulitan keuangan.
    Yg JELAS RORO sih BUKAN Type Cewek Matre….Cewek Matreeee kaya Lirik Lagu Indonesia yg pernah Ngehits dulu.
    RORO juga bukan TYPE kayak Para Cewek-Cewek ABG LABIL Jaman Now ( Yg Cuma Punya Modal Tampang Wajah aza buat Cari Jodoh/Pacar dan Pilih2 lagi, Jual Mahal dan Pastinya Menyandang Status sbg Cewek Single dan Matre pula yang hanya
    Cari Cowoknya yg Sudah Mapan pula dll, Cewek tersebut tinggal masuk dan baru mau jadi pacarnya Waduh.. ).

    RORO sih BUKAN Type seperti Cewek2 ABG LABIL ini koq, malah RORO Dah Mapan cari Cowok yg apa adanya juga ora popo.

    Roro pun TIDAK NEKO-NEKO dalam Memilih Pasangan/Jodoh Malah Dermawan dan MAU / BISA Nerimain Cowok Apa Adanya dan GA AKAN NUNTUT APA2 juga, yg penting Cowoknya
    Bisa Cinta, Sayang, Perhatian, Setia kepada RORO aza yee.

    EX Nama Mantan Pacar RORO
    (INI PACARAN CINTA PERTAMA Roro) :
    Himzar Sandi Agus (panggilan sayangnye sih si koko ndut/abang ndut) cari aja Akun FB nya.
    (Dia cuma Satu2nya Cowok, yg pernah pacaran dan Jalan bareng dengan Roro, stlh Putus, RORO Belum pernah Pacaran lagi alias Menyandang Cewek Lajang / Single hingga sekarang hiks hiks).
    Tapi itu Kisah Cinta Pacaran Masa Lalu pertama kali bagi Roro tsb dimana si Kokoh dah TEGA Nian secara TIBA2 MENDADAK PUTUSIN Hubungan Pacaran ke RORO di Februari 2017 yg lalu ( sblm Valentine Day ) hiks hiks.
    (Jadi Roro pengalaman Pacarannya baru pernah 1x aja dgn 1 cowo yg namanya Kokoh Himzar Sandi Agus, stlh Putus… Roro Blm Pernah Pacaran lagi hingga sekarang,
    walau Roro sering Berusaha Caper, Baper, Geer tapi Ga Pernah Berhasil, selalu aja Ditolak, shg Roro sering GALAU, SEDIH, MALU jadinya hiks hiks)

    Dan semua Temen2ku pun Pada TEGA NIAN LAGI Koq GAK ADA yang PEDULI / KASIHAN Untuk Sekedar Mau Bantu2 Buat CARIIN, KENALIN atau JODOHIN ke para Saudara maupun Temannya yang masih
    pada SINGLE dan sedang Mencari JODOH juga kepada RORO yg juga sama2 sedang Mencari JODOH,hiks hiks.

    Padahal RORO dah selalu sering berusaha berbuat Baik, Peduli, Ramah dan Mau menolong kpd teman2 / orang2 tersebut sambil BERHARAP agar Mereka ada Yang PEDULI / KASIHAN untuk MAU / BISA BANTU RORO dengan Cariin / Kenalin / Jodohin kepada para Saudara atau Temannya yang juga masih Single ( Belum Punya Jodoh ) tersebut.

    Tapi mereka selalu aja Pura2 Ga Tau dan Ga Ada yang Peduli, yang Roro Harapkan itu TINDAKAN untuk Mau Bantu CARIIN / KENALIN / JODOHIN donk kpd para Saudaranya maupun temannya
    jadi BUKAN cuma Sekedar Bantu DOA in Jodoh dan KETAWAIN DI Belakang kepada Roro.

    Mohon Penghiburan, Dukungan dan DOA nya ya biar RORO Bisa Cepet Dapat JODOH / Bahkan Segera Menikah yee.

    Alamat Tinggal RORO di Kota Bandung :
    (1) Jl.Rajawali,Kota Bandung (Ini Rumah Orang Tua alias Bokap Nyokap) Dekat SUPERINDO kawasan Rajawali Kota Bandung.
    (2) Komplek Perumahan Cluster Sanghyang Pancanaka Hill,Kota Cimahi (Ini Rumah Pribadi milik RORO)
    (3) Batujajar, Padalarang (Restoran/Kantin usaha gue)

    Roro pasti bersedia berikan dan lakukan apapun yang Terbaik kepada Cowok yang RORO Cintai.

    Roro PASTI MAU dan BERSEDIA Penuhi/Bayarin untuk Modal Nikah kita berdua, selain Roro pun MAPAN sudah punya Rumah Pribadi sendiri yang bisa langsung kita tinggal & tempati bersama setelah Menikah,
    Mobil Pribadi Roro ( Sedan Toyota Ayla ) pun sudah ada bisa kita pakai bersama selain bisa / boleh dipakai suami jika mau untuk pakai Mobil Roro tersebut buat jadi Pengemudi Online Grab
    Selain Roro pun Pasti mau bisa bantu Modal Usaha buat suami jika perlu dan
    jikalau mau pun Suami Boleh untuk Bantu-Bantu Jagain dan Lanjutin Usaha Bubur Roro yang sudah ada di Jl.Rajawali, Kota Bandung.

    Pokoknya Cowok/Suamiku kelak jika MAU TINGGAL IKUT NUMPANG HIDUP Pun orapopo, RORO MAU/BISA NERIMAIN APA ADANYA juga dan GAK Akan NEKO-NEKO kepada Cowok/Suami.

    POKOKNYA HIDUP BERDAMPINGAN BERSAMA RORO, Dijamin Semua Keinginan, Harapan, Angan-angan Cowok PASTI Bisa Diatur dan Dipenuhi oleh RORO.

    Kalau Cowok mau perhatian,boleh datang ke Kantor Roro sehari-hari di PT.Ultrajaya Milk Jl.Cimareme 131 Padalarang
    (Hari: Senin-Jumat Jam Kerja 08.00 – 16.30 ; Jam Istirahat Kantor 12.00 – 13.00)
    untuk ajak ketemuan maupun kasih perhatian ajak makan siang bersama ( Ajak Makan di Warteg, Mie Ayam Gerobak, Siomay, Seblak, Mie Baso dan Es Kelapa Pinggir Jalan jg ora popo), cowoknya mau datang pakai Angkutan Umum, Motor maupun Jalan Kaki juga gapapa.
    Karena Roro Ceweknya Baik Hati, Dermawan, TIDAK MATRE dan TIDAK NEKO-NEKO Walau Mapan sudah memiliki Rumah Pribadi,Mobil Pribadi Sedan Toyota Ayla,Berbagai Usaha Pribadi seperti Bubur dll itu semuanya milik RORO yang bisa menjadi Milik Kita Bersama dan juga buat Calon Suami Roro kelak.

    Selain boleh Kasih Perhatian nawarin untuk jemput sore-sore pukul 16.30 saat Roro mau pulang kerja di PT.Ultrajaya Milk Jl.Cimareme No.131 Padalarang, tungguin aja di pos tunggu depan.

    Atau tungguin saat Roro sore2 sekitar jam 5an mungkin dah sampe deket rumah di seputaran kawasan Jl.Rajawali maupun SUPERINDO Jl.Rajawali, Kota Bandung.
    sekalian kita bisa langsung mampir & Berkenalan ke Rumah Ortu RORO di Jl.Rajawali,Kota Bandung.

    Kisah Judul Film Indonesia: Kejarlah Daku Kau Kutangkap,Kejarlah Roro Kau Kudekap.

    Sering2 Kontak-kontak aza boleh lewat : TELP, SMS, Chatting lewat Whatsapp,Line,BBM dll dengan Perhatian,Rasa Sayang,Sabar,Ulet,Gigih dan Berusaha terus menerus yee.

    SEMOGA KITA BISA KENALAN & SALING BERJODOH yee Cuy,
    Karena Jujur RORO dah MALU Bingit ke para temen2, sodara maupun keluarga, Sudah Lama Bingit Menyandang STATUS Sebagai
    Cewek SINGLE / LAJANG mulu nih dan Pingin Segera Menikah / Bersuami juga neh hiks hiks.

    RORO Sering MALU,SEDIH dan GALAU jadinya Meratapi Nasib Belum punya jodoh hingga kini, Terlalu SERING DITOLAK ama Cowok2, padahal Roro Dah Berusaha Caper, Baper walau jadinya RORO Sering MENGHIBUR DIRI dengan Pura2 selalu TERSENYUM, HATI Pura2 GEMBIRA dan TERTAWA KERAS LEPAS hiks hiks.

    Atau jikalau kalian ada punya Temen atau Sodara Cowo yg Masih Single/Lajang lagi cari JODOH juga, Boleh donk Bantu-bantu untuk DIKENALIN maupun DIJODOHIN kepada RORO, Sapa tau Bisa Saling Berjodoh.

    Atau jikalau kalian mau dikenalin ke para Cewek Temen2 Roro yg Masih Single,Janda maupun Nikah tapi Ga Harmonis, ntar bisa RORO Bantu juga.
    Mau Temen2 RORO (Cewek yg Status: Single /Janda /Nikah Kaga Mesra/ dari Muslim suku BATAK ,SUNDA, JAWA Pribumi, Chinese dll) atau mau Dikenalin sekalian Minta Nomor HP nye.. para temen2 cewek gue ini biar kalian bisa saling kontak/chatting.

    Atau ADD Facebook gue spy bisa saling kenal dgn gue maupun para temen gue & bisa saling liat Foto.

    Yg penting sabar, perhatian, ulet, gigih sering-sering kontak-kontak aza, maap jikalau ga sempat diangkat RORO sedang sibuk tapi Bukan Berarti Cuek.

    Salam MANIS Cuy dari Mpok/Mbak/Jeng RORO yee.
    Cewek Single,Mapan,TIDAK Materialistis, Tidak Neko-Neko dalam mencari JODOH, Baik Hati dan Dermawan.

    SERING-SERING KONTAK-KONTAK RORO AJA YEE CUY.
    SEMOGA KITA BISA KENALAN dan SALING BERJODOH juga Muachhh.

    SALAM MANIS Dari RORO.
    RORO CEWEK SINGLE, MAPAN,TIDAK MATERIALISTIS Mencari JODOH / Pasangan COWOK Yang Serius Menikah dari Status Lajang / Duda, Orapopo

    RORO Sedang Mencari JODOH PRIA / CALON SUAMI yang penting Cowoknya : MUSLIM,Apa Adanya,Sederhana,Baik Hati,Perhatian,Sayang,Jujur,Rendah Hati Tidak Sombong,Penolong,Sabar,Humoris,
    Murah Senyum/Tertawa,Gigih,Romantis,Setia kepada wanita dan mau/bisa nerimain RORO apa adanya juga.

    ADAPUN KEPRIBADIAN & KEGIATAN USAHA RORO.MAYA

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ( Ayat Suci Al-Qur’an Surat An-Nuur [24]:27 )

    Para Kuliner & Berminat Buka usaha Makanan Untung Besar.

    Anda Berminat untuk Bisnis Franchise Masak Memasak – Makanan yg BerKandungan Kari Babi,Celeng,Bagong,Babi Hutan By Roro Bagong Gembrot,Narsis,Baper.
    Mari Kita Usaha Wiraswasta Bersama/Franchise – Untung Cepat Bisnis Oplosan Celeng/Babi/Bagong pada berbagai Makanan.

    Join bersama untuk usaha peternakan Bagong,Daging Babi Mentah,Restoran/Kantin Makanan,Masak Sayuran,Katering,
    Baso Celeng,Gorengan,Bakwan Bagong,Bubur Kari Babi,Sambal Kari Celeng,Nasi Rames,Cilok Babi,Babi Kebab,
    Mie Kaldu Celeng,Sate Babi,Lontong Celeng,Siomay Babi,Cap Cay Babi,Babi Guling,Babi Asap,Seblak Babi,Lemper Babi,Sushi Babi,
    Sop Babi,Mie Babi dll buanyak bingit deh pokoe.

    Termasuk Oplosan Daging Sapi — Daging Celeng & Babi di Pasar Tradisional dan berbagai makanan Indonesia.

    Omzet pemasukan “RORO BAGONG GEMBROT” ini sudah lumayan & untung cepat per bulan bisa hampir puluhan jutaan utk awalnya,
    Bagi-Bagi Hasil jualan Makanan utk beli Rumah,Mobil,,Handphone,Makan Enak,Travelling Jalan-Jalan Dalam maupun Luar Negeri dll.

    Bisnis gw ini pun sudah didukung oleh Ormas FPI & Ada Sertifikat Halal Fatwa MUI.

    Resep Oplosan Daging Babi Celeng ini dah banyak juga untuk pemesanan makanan/kue/cemilan
    di berbagai acara seperti : Kawinan,Syukuran,Selametan,Khitanan Anak,Ultah,Pesta,Warteg,Kantin,Pedagang Kaki Lima,Gerobak Keliling dll di berbagai kota di Indonesia.

    Peminat dapat hubungi kontak gw diatas,Telp,SMS,Chatting WA,Line,Facebook,Email,Mau Datang/Mampir langsung ke rumah maupun Kantor gue juge welcome koq.

    Salam Kenal dan kite bisa saling nambah Teman/Sahabat juga atau mungkin kalian ada yang mau dikenalin ama temen2 cewe gue.
    (Cewek yg Status:Janda/Nikah Kaga Mesra/Cewek SINGLE/Remaja Muslim suku Batak,Sunda,Jawa Pribumi dll)
    atau mau Dikenalin sekalian Minta Nomor HP nye.. para temen2 cewek gue ini biar bisa saling kontak/chatting.
    Atau ADD Facebook gue spy bisa saling kenal dgn gue maupun para temen gue & bisa saling liat Foto.

    Kontak-Kontak aza dengan Sabar, Perhatian, Berusaha Terus Menerus dan Gigih Niat BerKenalan kontak Handphone RORO.MAYA 087823478737.
    SALAM MANIS Cuy dari RORO yeee

    Salam Kenal juga yee.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here