Tafsir Surat Luqman Ayat 34; Lima Kunci Ghaib yang Hanya Diketahui Allah

0
941

BincangSyariah.Com – Wahbah Zuhaili dalam Tafsir al-Wajiz menjelaskan bahwa ilmu Allah mencakup zahir maupun batin, yang Maha melihat yang tidak tersembunyi sesuatu apapun. Setidaknya, terdapat lima kunci ghaib yang hanya Allah saja yang mengetahui. Apa saja itu?

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari melalui sahabat Ibnu Umar ra, Nabi Muhammad bersabda, “Lima hal yang hanya diketahui Allah.” Kemudian Rasulullah menyebutkan firman Allah berikut

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.(QS. Luqman; 34)

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, hal-hal yang disebutkan oleh ayat ini merupakan kunci-kunci kegaiban yang hanya Allah sendirilah yang mengetahuinya. Yaitu;

Pertama, waktu hari kiamat terjadi. Dalam QS. al-A’raf 187, juga disinggung bahwa hanya Allah yang mengetahuinya dan tidak ada seorang pun yang tahu bahkan Nabi Muhammad Saw sendiri. Hanya tanda-tandanya saja yang diberitahukan kepada umatnya..

Kedua, waktu hujan turun. Malaikat pun tidak mengetahui apakah dengan mendung pasti akan terjadi hujan. Terkadang sering kali langit hanya pekat tanpa diiringi rintikan hujan.

Ketiga, keadaan janin dalam rahim. Zaman sekarang memang teknologi memungkinkan seseorang mengetahui jenis kelamin janin, namun terkadang ada saja keadaan dimana sang janin tidak bisa dideteksi kelaminnya. Di samping itu, alam rahim merupakan salah satu fase kehidupan yang dialami manusia, dan kita tidak bisa mengetahui apa yang dialami sang anak dalam alam tersebut.

Baca Juga :  Ini Perspektif Islam tentang Pabrik Mengeluarkan Polusi Suara Wajib Bayar Ganti Rugi

Keempat, sesuatu yang terjadi esok hari. Setiap manusia tidak ada yang tahu apakah yang diusahakannya esok hari akan membuatnya jadi orang yang celaka ataukah bahagia. Apakah sesuatu yang buruk terjadi ataukah sesuatu yang baik.

Kelima, waktu dan tempat ketika kematian menjemput. Rasulullah dalam sebuah hadis menjelaskan, apabila Allah berkehendak mencabut nyawa seseorang di suatu negeri maka Allah akan menjadikan keperluan bagi orang tersebut di negeri itu.

Wallahu’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here