Tafsir Surah al-Hujurat Ayat 10; Pentingnya Menjaga Persaudaraan Sesama Muslim

0
52

BincangSyariah.Com – Dalam Tafsir al-Misbah Vol. 12 (2017), Quraish Shihab memaparkan bahwa Surah al-Hujurat ayat 10 memiliki makna persaudaraan sesama Muslim. Lebih detailnya, tentang hubungan harmonis antarmanusia yang akan melahirkan rahmat bagi mereka semua.

Makna ini muncul setelah sebelumnya, di ayat ke-9 bermakna tentang pentingnya mewujudkan perdamaian. Makna perdamaian dalam ayat sebelumnya adalah damai yang tercipta antara dua kelompok orang yang beriman.

Alasan mengapa perdamaian tersebut perlu diwujudkan tercantum dalam Surah al-Hujurat ayat 10 sebagai berikut:

 إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Innamal-mu`minụna ikhwatun fa aṣliḥụ baina akhawaikum wattaqullāha la’allakum tur-ḥamụn

Artinya: “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”

Quraish Shihab melanjutkan bahwa dalam surah al-Hujurat ayat 10 ini, ishlah perlu ditegakkan. Sebab, seperti tercantum dalam ayat sebelumnya, sesungguhnya orang-orang Mukmin yang mantap imannya serta dihimpun oleh keimanan, meskipun tidak seketurunan, adalah bagaikan saudara satu keturunan.

Seluruh umat Islam di dunia memiliki keterikatan bersama dalam iman dan terikat bagaikan seketurunan. Oleh sebab itu, orang-orang yang beriman hendaknya tidak terlibat langsung dengan pertikaian antarkelompok.

Orang beriman mestinya mampu menjaga diri agar tidak tertimpa bencana, entah akibat dari pertikaian atau alasan-alasan lain di luar pertikaian yang menimbulkan bencana.  Menjaga diri dan membangun hubungan harmonis antarmanusia akan menimbulkan rahmat persatuan dan kesatuan.

Ada batasan dalam konsep persaudaraan antara sesama Muslim. Konsep persaudaraan tersebut sebenarnya mengisyaratkan bahwa semua pihak telah mengetahui secara pasti bahwa kaum beriman bersaudara.

Pengetahuan tersebutlah yang mestinya menimbulkan kedamaian. Pengetahuan tersebut jugalah yang seharusnya menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang menganggu persaudaraan tersebut. Sesama saudara tidak boleh menyakiti satu sama lain.

Baca Juga :  Tafsir Surat Az-Zumar: 1-3: Mengapa Kita Harus Menyembah Allah dengan Tulus (1)

Ada juga konsep persaudaraan yang pernah dipaparkan Nabi Muhammad Saw. dalam sabdanya yang menamakan bahwa jin adalah saudara manusia. Rasulullah Saw. melarang menjadikan tulang sebagai alat beristinja sebab merupakan makanan saudara-saudara kamu dari jenis jin

Persaudaraan sesama Muslim yang terjalin pada dasarnya memiliki dasar ganda. Pertama, atas dasar iman dan kedua atas dasar perseketurunan, meskipun dasar yang kedua tidaklah hakiki. Meski begitu, tidak ada alasan untuk memutuskan hubungan persaudaraan tersebut.

Persaudaraan sesama Muslim yang ada akan menjadi semakin kuat apabila direkatkan oleh hal-hal lain yang turut menyertai. Sebagai misal, persaudaraan satu bangsa, satu cita-cita, satu bahasa, satu nasib, dan satu penanggungan.

Thabathaba’i menuliskan bahwa hendaknya umat Islam menyadari bahwa firman Allah Swt. yang berbunyi: “Sesungguhnya orang-orang Mukmin bersaudara” adalah sebuah ketetapan syariat yang berkaitan dengan persaudaraan antara orang-orang Mukmin.

Ketetapan tersebut yang kemudian medampak keagamaan dan hak-hak yang ditetapkan oleh agama. Aneka ragam bentuk persaudaraan tersebut memiliki dampak yang sangat bermacam-macam.

Ada persaudaraan umum (natural) yang tidak memiliki dampak yang bermacam-macam. Ada persaudaraan yang memiliki dampak tertentu yang ditetapkan agama. Sebagai misal, dampak dalam pernikahan dan kewarisan.

Atau, ada juga persaudaraan berdasarkan persusuan yang juga memiliki dampaknya pada pernikahan, walau tidak dalam kewarisan. Dengan demikian, persaudaraan antar-sesama manusia pun berbeda-beda, walau semua dapat dinamai saudara.[] (Baca: Tafsir Surah al-Hujurat: 11; Kezaliman terhadap Orang Lain Awalnya dari Sifat Merendahkan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here