Tafsir: Riya, Ciri-Ciri Shalat Orang Munafik (2)

0
1359

BincangSyariah.Com – Setelah sebelumnya dijelaskan ciri pertama shalat orang munafik secara zahir yaitu bermalas-malasan dalam melaksanakan shalat. Kemudian ciri yang kedua adalah ciri yg tidak nampak dilihat oleh kasat mata, yaitu melaksanakan shalat karena riya.

Riya (arab: riyaa’un) merupakan bentuk masdar (nomina) dari kata raa’a, yang artinya menampakkan suatu perbuatan yang tidak sesuai dengan isi hatinya. Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa hal yang paling ditakuti (terjadi) oleh Rasulullah di antara manusia adalah syirik kecil yaitu riya. Maksudnya bahwa di antara ciri shalat orang munafik adalah ia melaksanakan shalat dengan tujuan agar dilihat oleh manusia lainnya, bukan semata-mata ingin beribadah dan berinteraksi kepada Allah. Ia ingin orang-orang bersaksi dan melihat shalatnya, sehingga di malam hari saat waktu shalat isya, dan di waktu gelap saat shalat subuh, ia melewatkannya karena tidak banyak orang melihatnya.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah tentang shalat orang munafik yg sering banyak ditinggalkan. Imam Abu Layla mengatakan bahwa shalat yangg paling bagus yang mereka lakukan adalah ketika dilihat oleh orang lain, dan sejelek-jeleknya shalat adalah ketika dalam keadaan sepi atau tidak banyak yang melihat.

Hal ini dikarenakan pada dasarnya riya adalah menampakkan kebaikan di dpan manusia bukan semata-mata karena mengikuti perintah Allah, melainkan karena ingin dipuji di hadapan orang dan sebagainya.

Itulah ciri kedua shalatnya orang munafik dimana setelah ia bermalas-malasan melaksanakan shalat. Ia juga ingin shalatnya dilihat oleh orang lain (riya’). Sehingga jika tidak ada orang lain yang melihat, maka timbullah rasa berat dan malas untuk melaksanakan kewajiban shalat tersebut. Karena riya’ adalah hal yang hanya diketahui oleh si pelaku, maka mari introspeksi diri apakah sholat kita sudah karena Allah atau masih karena selain Allah. Wallahu a’lam.

Baca Juga :  Cara Merawat Bagian Tubuh yang Diamputasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here