Tafsir: Awal Tahun 2020, Mengaji Makna Cita-Cita dan Harapan

0
1711

BincangSyariah.Com – Kosa kata bahasa Arab yang sering digunakan untuk menunjukkan cita-cita dan harapan antara lain adalah al-amalu, ar-rajaa’, dan at-thoma’. Ibnu Faris dalam Maqaayis al-Lughah menjelaskan bahwa asal dari kata amala berarti at-tatsabbut dan al-intizhar (kepastian dan penantian). Rajaa’ biasanya menunjukkan harapan disertasi rasa takut/cemas dan bisa brmkna perhatian. Adpun thoma’ lebih kuat dari rajaa’ karena thoma’ bermakna harapan yang penuh ambisi.

Dalam Al-Qur’an, kata amala disebut dua kali yaitu dalam surat Al-Hijr: 3 dan Al-Kahf: 46.

ذَرْهُمْ يَأْكُلُوا وَيَتَمَتَّعُوا وَيُلْهِهِمُ الْأَمَلُ ۖ فَسَوْفَ يَعْلَمُونَ

“biarkanlah mereka makan dan bersenang-senang, serta lalai dari harapan (yang hakiki). Maka kelak mereka (orang-orang kafir) akan mengetahuinya.”

الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

Amala pada ayat pertama (surah al-Hijr: 3) adalah harapan yang baik dalam jangka jauh dan berkepanjangan ketika di dunia serta harapan mendapat kebaikan di akhirat kelak. Sedangkan pada ayat kedua (surah al-Kahf: 46) konteksnya adalah harapan mendapat pahala di akhirat yg lebih baik dri perhiasan dunia karena amal shalih yg telah dilakukan.

Sementara kata rajaa’ dan derivasinya juga beberapa kali terulang dalam al-Qur’an, diantaranya pada surat-surat berikut: Al-Baqarah: 218; An-Nisa: 114; dan Nuh: 13.

Rajaa’ pada Al-Baqarah: 118 dan An-Nisa: 114 berarti mengharapkan kebaikan dipenuhi optimisme mendapatkannya. Sedangkan di surat Nuh : 13 pengharapan disertai rasa cemas dan takut.

Adapun kata thoma’ jga disebutkan beberapa kali dalam alquran, seperti pada Al-Baqarah:75; Al-Maidah:84; dan Al-A’raf:56. Abu Hayyan berpendapat, thoma’/tamak adalah ketergantungan jiwa yg kuat untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Tamak ini lebih kuat rasanya dari roja’ (harapan), karena hanya akan ada sebab keinginan yang sangat kuat dan kemauan yang sangat besar.”

Dengan demikian, ketiga kata ini (amal, roja’ dan thoma’) memiliki arti yang berdekatan, dimana sama-sama menunjukkan arti harapan atau cita-cita yang baik. Namun ketiganya memiliki kekhususan tersendiri:

  • Amal (al-amal) biasanya menunjukkan sebuah cita-cita dan harapan panjang yang sulit dikabulkan. Keinginan tersebut tertancap di hati dan tidk mudah berubah sehingga tidak baik jika diterapkan untuk urusan dunia (dikhawatirkan terlalu hanyut dan membuang-buang waktu), tapi baik jika diterapkan dalam urusan akhirat.
  • Ar-Raja’ digunakan untuk menunjukkan harapan baik yang ingin dicapai dan kemungkinan besar dalat meraihnya, namun tetap disertai ketakutan atau kecemasan jika nnti tidak mampu mencapainya.
  • at-Thoma’ merupakan harapan yang disertai keinginan yang sangat kuat dan kemauan yang sangat besar dari dalam diri, serta biasanya juga memiliki kemungkinan besar dalam pencapaiannya.
Baca Juga :  Mengulas Terjemah Bahasa Melayu Tafsir Alquran Muhamamd Abduh

Jadi menjelang di awal tahun 2020 ini, mari kita letakkan harapan, cita-cita dan angan kita kepada segala sesuatu yang baik dan memang patut diharapkan, dengan selalu menyerahkan hasil akhirnya kepada Allah yang Maha Menetapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here