Surah Alkautsar dan Kematian Anak Nabi Muhammad

3
19861

BincangSyariah.Com – Melahirkan anak laki-laki adalah simbol kebaikan, kehormatan dan kemuliaan di jazirah Arab, karena dengan memiliki anak laki-laki (putra) berarti melestarikan garis keturunan (nasab) sang ayah. Terkait hal ini, ada kisah tersendiri tentang kematian anak Nabi Muhammad saw. dan berhubungan dengan surah Alkautsar.

Anak Nabi Muhammad saw. berjumlah 7 orang, 4 perempuan dan 3 laki-laki. Empat putri Rasulullah Muhammad saw. yakni Sayyidah Zainab (w. 8 H), Sayyidah Ruqayyah, Sayyidah Ummu Kultsum (w. 9 H), dan Sayyidah Fatimah Az Zahra (w. 11 H). Adapun tiga putra beliau adalah Al Qasim, Abdullah, dan Ibrahim, yang ketiganya wafat ketika usia balita. Keseluruhan putra-putri Rasulullah saw. adalah lahir dari rahim Sayyidah Khadijah Al Kubra binti Khuwailid.

Imam Jalaluddin Suyuthi (w. 911) dalam kitabnya Lubabul Nuqul fii Asbabul Nuzun menjelaskan riwayat-riwayat tentang turunnya surah Alkautsar, di antaranya ialah:

Diriwayatkan oleh al Bazzar (w. 299 H) dengan sanad yang sahih dari Abdullah bin Abbas r.a. (w. 78 H); Ketika Ka’ab bin Asyraf (tokoh Yahudi Madinah) datang ke Mekkah, dia ditanya oleh pemuka Quraisy: “Bagaimana pendapatmu mengenai orang itu yang berpura-pura sabar lalu ia diasingkan oleh kaumnya (yang dimaksud ialah Nabi Muhammad saw.) dan menganggap dia lebih baik dari kami sedangkan kami adalah orang-orang yang menjamu orang yang beribadah haji, dan memberi minum mereka yang berhaji, serta kami adalah penjaga Ka’bah?” Ka’ab bin Asyraf berkata: “Kalian lebih baik dari dia (Nabi Muhammad saw.).” Maka Allah Swt. menurunkan surah Alkautsar sebagai bantahan penyataan mereka.

Ka’ab bin Asyraf beranggapan bahwa para pemuka kaum Quraisy – kala itu – lebih baik daripada Muhammad saw., maka Allah Swt. menurunkan surah Alkautsar sebagai bantahan atas anggapan Ka’ab bin Asyraf itu. Allah Swt. telah menganugerahkan Muhammad saw. dengan kebaikan yang banyak dan menjadikannya sebagai makhluk ciptaan-Nya yang terbaik, sebagaimana yang terkandung dalam surah Alkautsar ayat 1.

Baca Juga :  Benarkah Melihat Foto Perempuan di Media Sosial Berdosa?

Dalam Sahih Imam Bukhari dinyatakan bahwa Ibnu Abbas (w. 78 H) berkata “Alkautsar adalah adalah kebaikan yang banyak dari Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw.” Abu Bisyr (w. 227 H) berkata “Saya bertanya kepada Sa’id bin Juba’ir – periwayat hadis ini – Banyak orang beranggapan bahwa Alkautsar adalah nama sungai di surga.” Said bin Jubair menjawab “Sungai di surga adalah salah satu kebaikan yang banyak dari sekian banyaknya kebaikan yang Allah Swt. berikan kepada Nabi Muhammad saw.”

Diwayatkan pula oleh Ibnu Abi Hatim (w. 327 H) dari As Suddi (w. 123 H), berkata: “Kaum Quraisy apabila ada kematian anak laki-laki, maka berarti telah terputus keturunannya.” Ketika anak Nabi Muhammad saw. wafat, Al Qasim, berdasar riwayat Ibnu Mundzir (w. 319 H), Ashi’ bin Wa’il berkata : “Muhammad saw. telah terputus keturunannya.” Perkataan Ashi’ bin Wa’il dan kaum Quraisy membuat sedih hati Rasulullah saw., maka Allah Swt. mewahyukan kepada Beliau saw. surah Alkautsar ayat 3.

Kebaikan adalah anugerah Allah Swt. yang diberikan kepada hamba-hambaNya yang Ia kehendaki. Dan Allah Swt. pula lah yang berhak menyematkan predikat baik kepada makhluk atau hambaNya.

Orang-orang yang menghinakan kesucian kekasih Allah Swt. maka Allah Swt. akan berikan kepadanya kehinaan dan kebinasaan. Para penghina Nabi saw. hanyalah makhluk biasa yang akan binasa, sedangkan kehormatan dan kesucian Nabi Muhammad saw. akan selalu kekal abadi.

Allahumma shalli ala sayyidinaa Muhammad wa alihi wa shahbihi wasallim,,,
Wallahu a’lam…

3 KOMENTAR

  1. Laki laki dan perempuan itu saling melengkapi.sudah seharusnya kita saling menghargai bukan saling merasa diri lebih hebat dari yang lain. Alhamdulillah kita hidup setelah ROSULULLOH yang datang membawa pencerahan dari kegelapan dan mengangkat derajat dan martabat kita sebagai perempuan. Semoga sholawat dan salam senatiasa tercurah kepada junjungan kita nabi besar Muhammad saw beserta para sahabat dan keluarganya. Dan semoga beliau terima diri dan keluargaku sebagai ummatnya dan kelak mendapat safa’at serta pertolongan beliau kelak di yaumil qiamah,aamiin

  2. Adapun tiga putra beliau adalah Al Qasim, Abdullah, dan Ibrahim, yang ketiganya wafat ketika usia balita. Keseluruhan putra-putri Rasulullah saw. adalah lahir dari rahim Sayyidah Khadijah Al Kubra binti Khuwailid.

    jangan terlalu percaya omongan orang,apa kalian juga belum sadar bahwa perkataan di atas itu adalah penghinaan terhadap nabi kita?

    bukankah nabi kita pembawa rahmat?

    wassalamualaikum wr.wb,
    ustadz sayyid habib yahya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here