Sunnah Nabi tentang Berbicara dengan Jelas kepada Lawan Bicara

0
2102

BincangSyariah.Com – Rasulullah Saw. Adalah teladan yang paling baik. Segala perbuatannya patut untuk ditiru dalam kehidupan sehari-hari. Segala perbuatan yang diniati untuk meniru Rasul sangatlah berpahala. Maka sepatutnya sebagai umatnya kita meniru segala tindak lakunya termasuk dalam berbicara. Beliau sangat jelas dalam mengucapkan kalimatnya bahkan mengulang beberapa kali demi memahamkan lawan bicaranya.

Dalil yang mengatakan bahwa Rasulullah saw. Adalah teladan yang paling baik termaktub dalam Alquran surat Al-Ahzab: 21,

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُوْلِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَالْيَوْمَ اْلآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيْرًا

Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.” (Al-Ahzab: 21)

Lalu dalil yang menjelaskan anjuran berbicara dengan jelas sebagaimana dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Abi Daud dari Aisyah Ra. berkata:

كَانَ كَلَامَ رَسُولُ اللهِ كَلَامًا فَصْلًا يَفْهَمُهُ كُلَّ مَنْ يَسْمَعُهُ

“Perkataan Rasulullah adalah perkataan yang jelas dan rinci yang dapat dipahami oleh orang yang mendengarkannya.” (HR. Abi Daud)

Begitu juga hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Anas Ra. berkata :

اَنَّهُ كَانَ اِذَا تَكَلَّمَ بِكَلِمَةٍ اَعَادَهَا ثَلَاثًا حَتَّى تُفْهَمُ عَنْهُ

“Sesungguhnya apabila Rasulullah Saw. Berbicara maka ia mengulanginya sampai tiga kali sehingga kalimatnya bisa dipahami.” (HR. Bukhari)

Anjuran memperjelas perkataan kepada lawan bicara ini demi memudahkan dan memahamkan mereka juga tidak menyulitkan mereka. Begitulah Rasulullah telah memberi teladan dalam segala hal termasuk berbicara.

Baca Juga :  Takdir dan Usaha Manusia Menurut Imam Abul Hasan al-Asy’ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here