Suka Mengumbar Aib Pasangannya, Baik Suami Maupun Istri Dapat Azab yang Sama

1
11433

BincangSyariah.Com – Bahtera rumah tangga tidak selamanya berjalan dengan tenang, hening, dan nyaman. Ombak pertengkaran antara pasangan suami istri pasti selalu ada di dalamnya. Di antara mereka ada yang dapat melewati terjangan ombak tersebut dengan baik dan mulus. Salah satu faktor retaknya rumah tangga adalah pasangan yang tak dapat menjaga mulutnya menutupi kekurangan pasangannya. Orang yang demikian akan diancam dengan ancaman yang cukup mengerikan di hari kiamat nanti. Diriwayatkan dari Abu Qatadah.

مَنْ قَعَدَ عَلَى فِرَاشِ مَغِيبَةٍ قَيَّضَ الله لَهُ ثُعْبَاناً يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Orang yang merumpi membuka aib pasangannya, Allah akan mengikatnya dengan ular besar di hari kiamat nanti (HR Ahmad).

Dalam riwayat lain disebutkan.

مثل الذي يجلس على فراش المغيبة مثل الذي ينهشه أسود من أساود يوم القيامة

Perumpamaan orang yang merumpi membuka aib pasangannya itu seperti orang yang digigit beberapa ular hitam pada hari kiamat nanti (HR Thabrani). 

Dari dua hadis di atas, suami atau istri yang seringkali suka mengumbar aib pasangannya serta keburukannya akan dikejar-kejar ular yang sangat mengerikan. Padahal Allah menjodohkan sepasang lelaki dan perempuan dalam bingkai rumah tangga itu untuk menutupi kekurangan satu sama lain. Allah Swt. berfirman dalam surah al-Baqarah ayat 187,

هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَأَنتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ

mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka

Oleh karena itu, menyimpan rahasia rumah tangga yang tidak seharusnya diumbar keluar rumah itu merupakan suatu hal yang sangat penting. Jika pun ada permasalahan yang perlu dikonsultasikan, maka berhati-hatilah pilih orang yang dapat dijadikan tempat untuk curhat dan dipercaya tidak akan mengumbar curhatan rahasia pasangan pada orang lain.

Baca Juga :  Hikmah Pagi: Surat Sakti Mengguncang Ratu Balqis

1 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Termasuk salah satu nikmat terbesar yang dianugerahkan oleh Allah Swt adalah satru al-‘uyub, menutup aib-aib hamba-Nya. Boleh jadi seseorang dalam satu waktu tergelincir dalam perbuatan maksiat yang tidak diketahui oleh orang lain. Tidak ada yang tahu kecuali Allah Swt dan dirinya sendiri. (Baca: Suka Mengumbar Aib Pasangannya, Baik Suami Maupun Istri Dapat Azab yang Sama) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here