Sudahkah Anda Temukan Teman Sejati? Inilah Cirinya

0
266

BincangSyariah.Com – Pernahkah kita merasa wangi hanya karena sedang bersama dengan orang yang menjual minyak wangi? Atau mendapatkan bau asapnya yang kurang sedap hanya karena sedang bersama tukang besi? Begitulah perumpamaan yang dipaparkan Nabi dalam menggambarkan permisalan teman yang baik dan teman yang buruk.

Kita tidak ada hubungan pertemanan dengan tukang besi, namun rumah kita bersebrangan. Tentu setiap hari akan disajikan aroma besi yang bisa mengganggu nafus makan, namun haruskah kita pindah rumah hanya karena bersebrangan dengan tukang besi? Tentu tidak.

Masih banyak cara yang dilakukan agar rumah kita tetap beraroma  harum. Begitupun dengan kita yang sedang hidup di era globalisasi, waktu dimana sikap-sikap negative sering kita lihat di media sosial. Sering dilihat bukan berarti baik untuk ditiru. Kita harus memiliki iman yang kuat guna membentengi diri srai setiap kegiatan yang melalaikan. Dalam QS Al Kahfi ayat 28 Allah berfirman:

وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا

dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.

Seorang teman memiliki pengaruh yang amat besar dalam kehidupan seseorang. Sebab seseorang akan mencocoki kebiasan teman terdekatnya. Rasulullah menganjurkan untuk memilih teman yang baik dan shaleh. Ia akan mengajarkan secara langsung atau tidak langsung perihal hal-hal yang bermanfaat bagi dunia dan agama. Sering menghabiskan waktu dengan teman yang saleh akan menambah daftar koleksi nasihat terbaikmu, karena ia akan mengingatkan ketika dirimu akan melakukan perbuatan yang membuatmu celaka. Imam Hasan Al Bishri berpesan sebagai berikut:

قال الحسن البصري رحمه الله استكثروا من الأصدقاء المؤمنين فإن لهم شفاعة يوم القيامة الصديق الحق هو من يمشي بك إلى الجنة

Baca Juga :  Keutamaan Orang yang Memberi Hutang

Imam Hasan Al Bishri berkata: perbanayaklah pertemanan dengan orang-orang yang beriman. Karena sesungguhnya mereka pemberi pertolongan di hari kiamat. Teman sejati adalah dia yang berjalan bersamamu menuju surga

Sebuah pesan yang sangat mendalam. Rangakain kata yang mengingtakan kita agar terus berjalan dengan seseorang yang mengajak setiap langkah menuju surga. Teman sejati yang tak akan diam di saat kita hendak melakukan perbuatan tercela, sebab ia tak akan rela melihat teman sejatinyanya terjerumus ke jurang neraka.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here