Belajar Tauhid: Sifat-sifat Mustahil Bagi Allah swt.

0
6123

BincangSyariah. Com – Allah swt. adalah Dzat yang sempurna, tidak ada sedikitpun cacat bagiNya, karena hal itu adalah mustahil. Lalu apa saja sifat-sifat mustahil bagi Allah swt. itu?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Al-Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil A’qidah Al-Islamiyyah mengatakan bahwa sifat-sifat mustahil (yang adanya tidak tergambar sedikitpun di dalam akal) bagi Allah swt. adalah sebagai berikut.

الصفات المستحيلة في حق الله تعالى –اي التي لايمكن أن يتصف بها- هي العدم والحدوث والفناء والمماثلة للحوادث والاحتياج لغيره سبحانه وتعالى ووجود الشريك والعجز والكراهية – اي وقوع شيئ بغير ارادته – والجهل وأشباه ذلك وانما استحال اتصافه بها لأنها صفات نقصان والمولى سبحانه وتعالى لايتصف إلا بصفات الكمال.

Sifat-sifat mustahil bagi Allah swt. – yakni yang tidak mungkin Allah swt. memiliki sifat-sifat tersebut- adalah Al-‘Adam (tidak ada), Al-Huduts (baru), Al-Fana’ (rusak), Al-Mumatsalatu lil hawaditsi (sama dengan benda-benda baru/makhluk), Al-Ihtiyaju li ghairihi (butuh kepada selainNya), Wujudusy Syarik (memiliki mitra/teman), Al-‘Ajz (lemah),  Al-Karahiyah (terpaksa/adanya sesuatu itu tidak atas kehendakNya), Al-Jahl (bodoh/tidak tahu), dan sifat-sifat yang mustahil lainnya. Sungguh Allah swt. itu mustahil memiliki sifat-sifat tersebut, karena semuanya adalah sifat-sifat yang kurang, sedangkan Allah swt. hanya memiliki sifat-sifat yang sempurna.

Demikianlah sifat-sifat mustahil bagi Allah swt. di mana semuanya adalah kebalikan dari sifat-sifat wajib bagi Allah swt. yang ada dua puluh. Yang intinya Allah swt. itu mustahil/tidak mungkin memiliki sifat yang sama dengan makhluk-makhlukNya dan memiliki sifat-sifat yang menunjukkan ketidak sempurnaanNya, kurang, atau cacat, karena Allah swt. adalah Maha Sempurna dan Maha SegalaNya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Belajar Tauhid; Berapakah Jumlah Para Nabi itu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here