Benarkah Setiap Orang Memiliki Setan dalam Dirinya?

0
1036

BincangSyariah.Com – Benarkah setiap dari kita memiliki setan dalam dirinya? Memang Al-Qur’an mengisahkan, setan bersumpah akan selalu menggoda umat manusia hingga hari kiamat, bahkan Rasulullah dalam salah satu riwayat Imam Bukhari pernah menyatakan bahwa setan bisa bersembunyi dalam urat nadi dan aliran darah kita. Apakah ini menegaskan bahwa setiap orang memiliki setan dalam dirinya?

Dalam hadis lain salah satu istri Rasulullah Aisyah mempertanyakannya

عن عائشة أم المؤمنين رشي الله عنها أنها قالت: يا رسول الله ما من أحد إلا ومعه شيطان؟ قال: نعم. قالت: وأنت يا رسول الله؟ قال: وأنا إلا أن الله أعانني عليه فأسلم

Diriwayatakan dari Ummul Mukminin Aisyah Ra, ia berkata, “Wahai Rasulullah apakah setiap orang memiliki setannya masing-masing?”

Beliau menjawab, “Iya.”

Kemudian Aisyah bertanya lagi, “dan Engkau wahai Rasulullah?”

“Ya, aku pun demikian akan tetapi Allah melindungiku karena itu aku selamat.” (HR. Muslim)

Ibnu Jauziy dalam Bustanul Wa’izhin menjelaskan, jika Allah menghendaki kebaikan kepada seorang hamba-Nya, maka Dia akan menjauhkannya dari setan dan melindungi dirinya dari setan tersebut.

Di samping itu, Allah juga akan mendorngnya untuk terus taas dan menghapus sifat malas darid irinya sehingga ia akan terus terdorong untuk beribadah kepada Allah. Sehingga ia akan mengutamakan keridhaan Tuhannya atas kehendak hwa nafsunya sendiri. Karena itu, setan akan kesulitan menggodanya agar lalai dan berpaling. Untuk itu, ia akan dianugerahi Allah surga tertinggi sebagai tempat kembalinya kelak.

Sementara jika Allah Swt menghendaki keburukan pada diri hamba-Nya, niscaya Dia akan memudahkan bagi setan untuk mengusai dan mengaturnya. Sehingga hamba tersebut akan semakin jauh dari ketaatan kepada-Nya. Dalam keadaan ini, ia akan semakin malas dalam melakukan perbuatan baik dan ia akan mudah terdorong untuk melakukan perbuatan ahli neraka dan semakin jauh dari perbuatan ahli surga.

Baca Juga :  Pesan Imam Syafii tentang Menjaga Lisan

Untuk itu agar terhindar dari gangguan dan godaan setan, hendaknya kita selalu berdoa memohon perlindungan kepada Allah. Sebagaimana Allah berfirman

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ ۚ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan maka berlindunglah kepada Allah (QS. Al-‘Araf; 200)

Doa tersebut bisa diucapkan setiap kali kita merasa malas untuk melakukan ibadah atau kebaikan lainnya. . Doa yang bisa diucapkan cukup sederhana dan mudah, cukup ucapkan a’uzhubillahi minasy syaithanir rajiim (aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk) atau yang sering disebut sebagai doa isti’adzah. Wallahu’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here