Setiap Kebaikan Akan Dibalas Kebaikan

0
200

BincangSyariah.Com – Dalam kehidupan sehari-hari sering mendapati antara harapan dan kenyataan hasilnya tidak sama.  Kita sangat cinta dan setia dengan pasangan kita, ternyata pasangan kita justru selingkuh dengan orang lain.

Dalam bisnispun demikian, ada teman ketika kondisi susah dan bangkrut  ditolong dan dimodali. Setelah lancar bisnisnya justru bisnis kita diserobot dan dihancurkan.

Ada orang datang sambil bercerita kondisinya yang sedang bingung dan tidak punya uang, karena kasihan dan iba lalu dipinjami uang kepada orang tersebut. Setelah beberapa lama ditagih bukannya dia  berterimakasih justru bermuka masam dan marah. Ada juga ketika kita bingung ganti meminjam uang kepadanya tidak mengasih pinjaman dan pura-pura tidak punya uang.

Ada anak tidak bisa sekolah karena kondisi ekonomi sangat kekurangan, lalu disekolahkan sampai lulus ke perguruan tinggi. Bukannya berterima kasih dan membalas jasa kebaikan orang yang menyekolahkan. Justru melupakan dan tidak menghormati orang yang telah memberikan jasa kepadanya.

Mengapa kita berbuat baik kepada orang lain, justru orang tersebut membalas dengan keburukan dan kejelekan. Katanya setiap kita berbuat kebaikan pasti akan dibalas dengan kebaikan. Tetapi faktanya kok berbeda, kita menolong orang balasannya justru mendorong kita jatuh ….?

Janganlah bersedih dan kecewa ketika kebaikan dibalas dengan kejahatan. Ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Dalam setiap berbuat kebaikan kepada orang lain janganlah berharap orang tersebut akan baik kepada kita. Dalam setiap berbuat kebaikan niatkan murni karena Allah.

Jika kita berbuat kebaikan kepada orang lain dengan niat dan harapan agar orang yang ditolong berbuat baik pada kita, maka hasilnya akan mengecewakan. Janganlah pernah berharap kepada makhluk tapi berharaplah kepada yang menciptakan makhluk.

Baca Juga :  Mengenal K.H. Achmad Baidhowi Asro

Setiap perbuatan baik kepada orang lain itu tidak akan sia-sia dan tetap  akan mendapatkan balasan kebaikan tapi dari orang lain. Ketika anda memakan buah-buahan lalu bijinya anda buang ke halaman rumah, tanpa anda amati dan dirawat, isi buah yang dilempar tersebut tumbuh lebat dan buahnya sangat banyak.

Sekarang marilah kita cermati kejadian-kejadian  yang tidak pernah kita sangka dan sebuah keajaiban dan pengalaman hidup. Pasti anda pernah merasakan kondisi tidak punya uang sama sekali, buat makan saja kesulitan, pinjam kesana-kemari tidak ada yang ngasih. Tiba-tiba ada kenalan atau teman datang memberikan uang dalam jumlah banyak kepada kita.

Ketika jatuh tempo membayar tagihan bulanan kita tidak punya uang sama sekali, cari pinjaman juga sulit, setelah berusaha kesana kemari gagal. Akhirnya pasrah kepada Allah, tiba-tiba ada orang yang menawari pinjaman uang, sehingga bisa menutup  angsuran tagihan hutang bulanan.

Suatu ketika  anak atau istri kita menderita sakit yang harus dilakukan tindakan operasi, membutuhkan biaya yang mahal, sedangkan pinjam kepada siapapun tidak ada yang menanggapi. Tiba-tiba ada orang yang kaya membantu biaya operasi keluarga kita tanpa harus mengembalikan biaya kepada orang tersebut.

Dalam sebuah perjalan jauh kendaraan yang kita naiki dihadang oleh begal yang akan merampok, ketika kondosi ketakutan  tiba-tiba datang orang membantu kita. Akhirnys begal tersebut kabur tidak jadi membegal.

Semua keajaiban-keajaiban yang kita alami dan rasakan itu bukan sebuah kebetulan atau tiba-tiba. Akan tetapi Allah menggerakkan hati orang tersebut untuk datang menolong kita dengan memberi bantuan yang kita butuhkan.

Oleh karena itu kebaikan kepada orang lain yang kita kerjakan tidak akan sia-sia, pasti akan kembali kepada diri kita  dengan jalan yang rahasia tanpa kita ketahui dan kita duga datangnya.

Baca Juga :  Menjadi Waliyullah Lewat Menikah

“Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah Berbuat baik kepadamu.”  (Al-Qashas: 77)



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here