Selain Uang, Ini Empat Jenis Sedekah yang Bisa Anda Lakukan

0
596

BincangSyariah.Com – Bersedekah tidak harus kaya atau menunggu kaya, orang tak punya harta juga bisa bersedekah. Sebab sedekah tidak mengharuskan berupa barang. Nonmateri pun juga bisa kita sedekahkan. Disebutkan dalam sebuah hadis,

عَنْ أَبِى ذَرٍّ أَنَّ نَاسًا مِنْ أَصْحَابِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالُوا لِلنَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- يَا رَسُولَ اللَّهِ ذَهَبَ أَهْلُ الدُّثُورِ بِالأُجُورِ يُصَلُّونَ كَمَا نُصَلِّى وَيَصُومُونَ كَمَا نَصُومُ وَيَتَصَدَّقُونَ بِفُضُولِ أَمْوَالِهِمْ. قَالَ « أَوَلَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لَكُمْ مَا تَصَّدَّقُونَ إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلِّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلِّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ وَفِى بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ». قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيَأْتِى أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُونُ لَهُ فِيهَا أَجْرٌ قَالَ « أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِى حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ فِيهَا وِزْرٌ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِى الْحَلاَلِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ

Dari Abu Dzar ra, ia berkata, “Sesungguhnya sebagian dari para sahabat Rasulullah saw. berkata kepada Nabi saw., “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka”.

Nabi saw. bersabda, “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bersedekah? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah sedekah.”

Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?” Rasulullah saw. menjawab, “Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa. Demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahala”.  (HR. Muslim no. 2376)

Baca Juga :  Benarkah Mazhab Hanbali Melarang Mencium Kuburan Nabi ?

Hadis di atas menunjukkan bahwa sedekah bukan hanya dengan harta sehingga orang-orang yang kurang beruntung dari segi finansial juga bisa bersedekah. Rasulullah menyebutkan bentuk sedekah yang lain seperti membaca tahmid, tasbih, tahlil, menyuruh kebaikan, mencegah kemungkaran, dan berhubungan badan dengan pasangan yang halal. Bahkan ada sedekah yang sangat mudah untuk kita lakukan, tanpa perlu banyak mengeluarkan tenaga. Kita hanya perlu menarik bibir ke samping sedikit sehingga tercipta senyum yang manis. Rasulullah bersabda,

تبسمك في وجه اخيك لك صدقة

“Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi)

Iqro’ al-Firdaus dalam bukunya Engkau Wajib Kaya Bila Shalat Dhuha dan Bersedekah dengan Benar membagi jenis sedekah (selain dalam bentuk harta) ke dalam empat bentuk sebagai berikut.

Pertama, sedekah hati. Sedekah hati merupakah sedekah yang diwujudkan dengan cara menjauhkan hati dari berprasangka negatif dan berpikir negatif terhadap orang lain.

Kedua, sedekah sosial. Sedekah jenis ini berupa berhubungan baik dengan makhluk Allah lainnya. Tidak hanya dengan manusia, interaksi kita dengan hewan seperti memberi makan hewan peliharan juga termasuk sedekah.

Ketiga, sedekah pemikiran. Jenis sedekah ini berupa pemberian solusi kepada yang membutuhkan. Sebab orang yang memiliki masalah kadang tidak bisa berpikir jernih. Ia membutuhkan orang lain untuk mencarikan solusi.

Keempat, sedekah informasi. Jenis sedekah ini berupa informasi yang diberikan kita kepada orang yang membutuhkan. Wallahualam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here