Sedekah Paling Murah untuk Manusia

0
1522

BincangSyariah.Com – Bersedekah dengan memberikan sesuatu kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas kadang harus menunggu kaya atau kondisi ekonomi stabil. Adalah hal wajar jika seseorang rajin sedekah di saat berada dalam keadaan berlebihan. Namun sebaliknya saat kondisi benar-benar pas-pasan, masih adakah rencana untuk bersedekah? Mungkin kebanyakan orang menjatuhkan pilihan pada mendahulukan kepentingan lainnya daripada bersedekah. (Baca: Hukum Bersedekah Setelah Bermaksiat, Apakah Dosa Diampuni?)

Untuk itu penting kiranya kita mengetahui sedekah paling murah, yang bisa kita berikan pada orang lain secara sukarela dan ikhlas untuk kapan saja dan dimana saja.  Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah bersabda:

لا تحقرن من المعروف شيئا ولو أن تلقى أخاك بوجه طل

Janganlah meremehkan kebaikan sedikitpun juga, walau engkau bertemu dengan wajah berseri (HR Muslim)

Keterangan di atas menyiratkan bahwa senyuman adalah sedekah yang gampang dan murah untuk diberikan pada siapa saja kala kita menghendaki. Senyum merupakan tanda awal ketulusan hati yang lebih berharga dari sebuah hadiah. Tersenyum bisa menghadirkan energi positif bagi diri sendiri dan orang lain.

Tentu saja senyum yang dimaksud ialah senyum yang wajar, bukan senyum yang dibuat-buat. Senyum tulus yang lahir dari kelapangan dan kebersihan hati dan keikhlasan jiwa. Dengan memberiakn senyuman terbaik kita kepada orang lain, itu sudah menandakan bahwa sebenarnya kita telah bersedekah dengan hal terbaik yang masih kita miliki.

Sedekah yang demikian juga pernah disebutkan oleh Rasulullah secara langsung dalam hadis riwayat Tirmidzi. Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu“ (HR Tirmidzi)

Baca Juga :  Bahaya Orang yang Tak Bisa Menjaga Lisannya

Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan tersenyum dan menampakkan muka manis di hadapan seorang muslim, yang hadis ini semakna dengan sabda Rasulullah dalam hadis sebelumnya yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.

Secara tidak langsung, penjelasan di atas mengingatkan kita akan betapa seringnya diri ini melupakan suatu hal yang berharga dan kita abaikan, padahal sejatinya hal tersebut memiliki nilai yang berarti. Selain bernilai sedekah, tersenyum itu bisa menghasilkan endorfin, yang mana bahan kimia tersebut diketahui dapat mempengaruhi suasana hati, bahkan bisa membuat orang dapat lebih bahagia. Endorfin juga dapat membantu untuk menempatkan kita dalam suasana hati yang bagus juga dapat membantu menyembuhkan rasa sakit yang ringan. Teori yang menjelaskan bahwa kesan wajah seseorang dapat memengaruhi suasana hati bisa disebut dengan “facial feedback hypothesis” dan pertama kali diusulkan oleh Charles Darwin.

Senyuman yang tidak hanya bisa melepas enderfin itu, perlu kita biasakan untuk diberikan kepada orang lain sebagai bentuk lain dari sedekah harta. Oleh karena itu banyak dikenal bahwa sedekah adalah sedekah yang paling murah yang bisa kita hadiahkan kepada orang lain. Semoga kita bisa sedekah lewat senyuman indah tiap harinya. Amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here