Secara Medis Tidur Tanpa Busana Sehat, Bagaimana Menurut Islam?

1
1143

BincangSyariah.Com – Saya tertarik mencoba menulis ini karena di Internet banyak dikatakan bahwa tidur tanpa busana baik untuk kesehatan. Menurut situs tersebut, manfaat dari tidur tanpa busana membuat tidur lebih pulas karena temperatur tubuh tidak terhalang apapun, termasuk pakaian. Penggunaan pakaian terlalu ketat saat tidur disebutkan tidak baik karena saat tidur toksin dalam tubuh keluar dan jika menggunakan pakaian yang terlalu ketat akan menjadi tempat bersarang kuman. Tidur dengan kondisi tanpa busana juga disebut-sebut mengurangi stress. Terlepas dari aneka alasan tersebut, saya akan mencoba membahas dari perspektif khazanah keislaman saja dalam hal ini.

Prinsipnya, membuka aurat pribadi di hadapan orang yang bukan mahram (haram dinikahi) itu diharamkan dalam Islam. Dalam kitab Safinatun Naja’, disebutkan macam-macam aurat dalam Islam. Pertama, aurat laki-laki keseluruhan dan budak dalam shalat itu antara pusar dan lutut. Kedua, aurat wanita merdeka di dalam shalat itu seluruh tubuh selain wajah dan telapak tangan. Ketiga, aurat wanita merdeka dan budak perempuan di hadapan orang yang bukan mahram itu seluruh tubuhnya. Keempat, aurat perempuan di hadapan mahram-nya dan sesama wanita itu antara pusar dan lutut.

Karena itu, dalam hal ini tidur tanpa busana bisa dikategorikan haram jika itu membuat auratnya terlihat oleh orang yang bukan mahram-nya.

Dalam sebuah hadis, disebutkan sabda Nabi terkait larangan kita bertelanjang bulat karena setiap manusia didampingi malaikat yang akan pergi jika kita tidak menggunakan busana sama sekali. Ini seperti disebutkan dalam hadis riwayat at-Tirmidzi,

إياكم والتعري، فإن معكم من لا يفارقكم إلا عند الغائط، وحين يفضي الرجل إلى أهله، فاستحيوهم وأكرموهم

Janganlah kalian bertelanjang bulat. Karena sesungguhnya bersama kalian ada makhluk yang tidak pernah meninggalkan kalian kecuali ketika kalian buang hajat atau berhubungan badan dengan pasangan. Maka malulah dengan mereka dan muliakan mereka.

Nabi Saw. juga pernah ditanya, seperti disebutkan dalam riwayat al-Bukhari, Abu Dawud dan at-Tirmidzi, bagaimana hukumnya tidak berbusana sama sekali saat kita sendirian, Nabi Saw. kemudian,

Baca Juga :  Agar Tidur Tenang dan Selamat dari Maling, Lakukan Dua Amalan Ini

الله أحق أن يستحيا منه من الناس

Allah lebih berhak membuat seseorang merasa malu dibandingkan terhadap manusia

Hadis-hadis diatas menjadi bimbingan moralitas kepada kita bahwa manusia ketika tidak berbusana itu membuat seseorang tidak lagi dihinggapi kebaikan, diantara adalah malaikat yang disebut sebagai malaikat hafazhah. Namun, larangan ini tidak termasuk jika seseorang tidur tanpa busana namun ada sesuatu yang bisa menutupi seluruh tubuhnya, misalnya tetap menggunakan selimut yang menutup seluruh tubuh. Selain itu, kita tidur di kamar yang privat dan hampir tidak ada kemungkinan orang lain yang bukan mahram melihat aurat kita. Wallahu A’lam.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here