Seberapa Panaskah Api Neraka?

0
2107

BincangSyariah.Com – Alkisah ada seorang hamba Allah yang saleh, Yazid bin mursyid. Kedua matanya tidak pernah terlihat kering dari air mata. Ia selalu menangis. Sehingga seorang kisanak menanyainya, “Wahai fulan kenapa kau selalu berlinang air mata?,”

Yazid menjawab, “Sekiranya benar janji Allah, jika aku berdosa pasti aku akan dihisab dalam neraka selamanya, maka bagaimana bisa air mataku kering jika aku dijanjikan neraka? Sedangkan api dalam neraka itu telah dipanaskan selama tiga ribu tahun lamanya?,”

Kisah di atas, disarikan dalam kitab Tanbihul Ghafilin karya Abu Laist As-Samarqandi berdasarkan sebuah hadis Nabi berikut ini

عن ابي هريرۃ رضي اﷲ عنه قال قال رسول اﷲ صلی اﷲ عليه وسلم اوقد علی النار الف سنۃ حتی احمرت ثم اوقد عليها الف سنۃ اخری حتی ابيضت ثم اوقد عليها الف سنۃ حتی اسودت فهي سوداء كليل المظلم

Dari Abu Hurairah ra, Bersabda Rasullah Saw., “Api neraka tekah dipanaskan selama seribu tahun sampai ia memerah, kemudian dipanaskan lagi selama seribu tahun hingga memutih, kemudian dipanaskan lagi seribu tahun hingga menghitam seperti malam yang gelap gulita.” (HR. Tirmizi & Ibnu Majah)

Tentang betapa panasnya api neraka, Menurut Ibnu Masud ra, karena begitu panasnya maka andai api neraka itu dimasukkan ke laut sebanyak dua kali tidak akan bisa mematikan nyala api itu sama sekali. Padahal itu hanyalah satu bagian dari 70 api dalam neraka sebagaimana dalam sebuah hadis dikatakan

عن أبي هريرة أن النبي صلى الله عليه وسلم قال ناركم هذه التي يوقد ابن آدم جزء من سبعين جزءا من حر جهنم قالوا والله إن كانت لكافية يا رسول الله قال فإنها فضلت عليها بتسعة وستين جزءا كلها مثل حرها

Baca Juga :  Gus Nadir Sindir Din Syamsuddin yang Samakan Khilafah HTI dengan Khalifah dalam Al-Quran

Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Nabi Muhammad Saw. berkata, Api kalian ini, yang dinyalakan oleh anak keturunan Adam adalah satu dari 70 bagian panasnya neraka jahanam.” Mereka berkata, “Demi Allah wahai Rasulullah, api di dunia ini sungguh telah cukup (untuk menyiksa)” Beliau bersabda, “Maka sesungguhnya api jahannam dilebihkan 69 kali lipat panasnya, dan setiap bagiannya memiliki panas yang sama seperti api di dunia” (HR. Al-Bukhari & Muslim)

Menurut Muhammad bin Abdul Rahman al-Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwadzi, Allah memperlihatkan sebagian kecil api neraka di dunia agar manusia mengambil pelajaran darinya. Bahkan berdasarkan riwayat Baihaqi, api di dunia ini telah dicelupkan ke dalam lautan sebanyak dua kali agar manusia bisa memanfaatkan api tersebut.

Wallahu’alam.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here