Sebelum Masuk Islam, Apakah Harus Mandi Dahulu?

0
22

BincangSyariah.Com – Pernah ada seseorang yang hendak masuk Islam, dan sebelum membaca syahadat dia disuruh mandi terlebih dahulu oleh ustadz yang mau membimbingnya. Ketika seseorang hendak masuk Islam, apakah dia harus mandi terlebih dahulu? (Baca: Hukum Menggunduli Rambut Setelah Masuk Islam)

Menurut Imam Al-Ghazali, jika seseorang hendak masuk Islam, maka dia dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu sebelum mengucapkan dua kalimat syahadat. Ini dimaksudkan agar pada saat dia masuk Islam, dia sudah dalam keadaan bersih dan suci dari hadas.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ sebagai berikut;

وحكى الغزالي رحمه الله وجها انه يقدم الغسل على الاسلام ليسلم مغتسلا

Imam Al-Ghazali meriwatkan satu pendapat bahwa hendaknya non-muslim mendahulukan mandi terlebih dahulu atas Islam agar dia masuk Islam dalam keadaan sudah mandi.

Di antara dalil yang dijadikan dasar mengenai anjuran ini adalah hadis riwayat Imam Al-Nasai dari Sa’id bin Abi Sa’id, dia berkata bahwa dia pernah mendengar Abu Hurairah berkata sebagai berikut;

إِنَّ ثُمَامَةَ بْنَ أُثَالٍ الْحَنَفِيَّ انْطَلَقَ إِلَى نَجْلٍ قَرِيبٍ مِنَ الْمَسْجِدِ فَاغْتَسَلَ، ثُمَّ دَخَلَ الْمَسْجِدَ فَقَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. يَا مُحَمَّدُ، وَاللَّهِ مَا كَانَ عَلَى الْأَرْضِ وَجْهٌ أَبْغَضَ إِلَيَّ مِنْ وَجْهِكَ، فَقَدْ أَصْبَحَ وَجْهُكَ أَحَبَّ الْوُجُوهِ كُلِّهَا إِلَيَّ وَإِنَّ خَيْلَكَ أَخَذَتْنِي وَأَنَا أُرِيدُ الْعُمْرَةَ فَمَاذَا تَرَى؟ فَبَشَّرَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَمَرَهُ أَنْ يَعْتَمِرَ

Artinya:

Tsumamah bin Utsal Al-Hanafi pergi ke tempat air mengalir dekat masjid untuk mandi, kemudian masuk ke dalam masjid dan berkata; Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang diibadahi selain Allah, tidak ada sekutu baginya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

Wahai Muhammad, demi Allah di muka bumi ini, dulu tidak ada wajah yang paling aku benci melainkan wajahmu, dan sekarang wajahmu menjadi wajah yang paling aku cintai. Kudamu akan membawaku dan aku ingin umrah. Bagaimana pendapatmu? Rasulullah Saw memberikan kabar gembira kepadanya dan menyuruhnya umrah.

Berdasarkan hadis ini, Imam Nasai membuat judul bab sebagai berikut;

Baca Juga :  Kepedulian Sosial dalam Islam

تَقْدِيمُ غُسْلِ الْكَافِرِ إِذَا أَرَادَ أَنْ يُسْلِمَ

Bab anjuran mendahulukan mandinya non-muslim jika hendak masuk Islam.

Berdasarkan keterangan di atas, maka dapat diketahui bahwa mandi sebelum masuk Islam hukumnya sunnah. Namun jika sebelum masuk Islam belum mandi, maka dia dianjurkan untuk mandi setelah membaca dua kalimat syahadat atau setelah masuk Islam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here