Saat Memilih Calon Pasangan, Ini 4 Kriteria yang Harus Dimiliki Pasangan Melebihi Anda

0
1277

BincangSyariah.Com – Menjalani bahtera rumah tangga tidak luput dari ganasnya badai yang menerpa. Entah dari pihak istri atau suami ada saja yang hadir menjadi pihak ketiga. Namun, biasanya godaan yang datang adalah dari pihak suami, khususnya yang kaya raya. Berikut adalah sabda Nabi saw. untuk suami yang tergoda wanita lain. Oleh karena itu, mempunyai kriteria dalam memilih pasangan sangat dianjurkan. Syekh Abu Bakar Syatha dalam I’anatut Thalibin mengutip pendapat ulama sebagai berikut.

قال بعضهم: ينبغي أن تكون المرأة دون الرجل بأربع وإلا استحقرته: بالسن، والطول، والمال، والحسب، وأن تكون فوقه بأربع: بالجمال، والأدب، والخلق، والورع.

Sebagian ulama berpendapat: calon istri itu seyogianya di bawah calon suami dalam empat kriteria ini. Jika tidak, calon istri itu cenderung akan merendahkan suaminya nanti, yaitu (melebihi) usia, tinggi (badan), harta, dan kelas sosial. Sebaliknya, calon istri itu seyogianya melebihi calon suaminya dalam empat kriteria lainnya, yaitu keindahan wajah, etika, budi pekerti, dan kehati-hatian dalam beragama.

Ini artinya calon suami itu sebaiknya lebih dewasa secara usia, tinggi badannya melebihi calon istri, penghasilannya lebih banyak daripada calon istri, dan kelas sosialnya juga demikian. Sementara itu, calon istri itu sebaiknya lebih dari calon suaminya dalam keindahan wajahnya. Mencari istri yang sesuai dengan penampilan calon pria itu dianjurkan. Selain itu, calon istri itu juga harus baik akhlak, etika, dan kehati-hatiannya dalam beragama. Bila demikian, istri nantinya akan bisa mengingatkan suami agar tidak melanggar aturan-aturan Allah. Wallahualam.

Baca Juga :  Urutan Kerabat yang Berhak Jadi Wali Nikah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here