Rahasia di Balik Angka Tujuh yang Mungkin Jarang Kamu Tahu

0
1296

BincangMuslimah.Com – Syekh Al-Imam Abu Muhammad bin Abdurrahman Al-Hamdzani di dalam kitab As-Sab’iyyat fi Mawaidz Al-Barriyat menjelaskan keterangan yang unik seputar angka tujuh. Menurut beliau, angka tujuh itu memiliki rahasia yang besar di sisi Allah swt. Di mana Allah swt. telah menghiasi tujuh hal dengan tujuh hal lainnya, begitu seterusnya. Apa sajakah rahasia di balik angka tujuh itu? Dan apa sajakah tujuh hal itu?

Pertama, Allah swt. menghiasi udara dengan tujuh langit. Allah swt. berfirman, “Dan kami membangun di atas kamu tujuh (langit) yang kokoh” (Q.S. An-Naba’: 12). Dia pun menghiasi langit-langit itu dengan tujuh bintang. Allah swt. berfirman, “Dan sungguh kami telah menciptakan gugusan bintang di langit dan menjadikannya terasa indah bagi orang yang memandangnya” (Q.S. Al-Hijr: 16) (Baca: Ini Tujuh Hal Penyebab Sikap Sombong)

Kedua, Allah swt. menghiasi padang sahara/daratan dengan tujuh lapis bumi. Allah swt. berfirman, “Allah yang menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) bumi juga serupa…” (Q.S. At-Thalaq: 12). Kemudian, Allah swt. juga menghiasinya dengan tujuh lautan. Allah swt. berfirman, “…ditambahkan kepadanya  tujuh lautan (lagi) setelah (kering)nya niscaya tidak akan habis-habis…” (Q.S. Luqman: 27)

Ketiga, Allah swt. menghiasi neraka dengan tujuh tingkatan. Yakni Jahanam, Sa’ir, Saqar, Jahim, Hutamah, Ladza, dan Hawiyah. Dia pun menghiasi neraka Jahanam dengan tujuh pintu. Allah swt. berfirman, “(Jahanam) itu mempunyai tujuh pintu. Setiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka” (Q.S. Al-Hijr: 44)

Keempat, Allah swt. menghiasi Al-Qur’an dengan tujuh ayat yang diulang-ulang, yakni Al-Fatihah. Allah swt. berfirman, “Dan sungguh Kami telah memberikan kepadamu tujuh (ayat) yang (dibaca) berulang-ulang dan Al-Quran yang agung.” (Q.S. Al-Hijr: 87)

Baca Juga :  Tafsir Mengenai Dua Surga bagi Orang yang Takut pada Allah

Kelima, Allah swt. menghiasi manusia dengan tujuh anggota, yakni kedua tangan, kedua kaki, kedua lutut, dan wajah. Tujuh anggota tersebut memiliki fungsi untuk ibadah. Kedua tangan untuk berdoa. Kedua kaki untuk berkhidmat. Kedua lutut untuk duduk. Dan wajah untuk sujud. Allah swt. berfirman, “Dan sujudlah serta dekatkanlah (dirimu kepada Allah)” (Q.S. Al-Alaq: 19) Ketujuh anggota tersebut merupakan anggota untuk bersujud kepada-Nya.

Keenam, Allah swt. menghiasi umur manusia dengan tujuh masa. Yakni masa bayi, masa balita, masa kanak-kanak, masa remaja, masa muda, masa dewasa, dan masa tua. Tujuh kondisi tersebut dihiasi dengan tujuh kata, yaitu Laa Ilaaha Illa Allah Muhammadun Rasulu Allah (Tiada Tuhan Selain Allah. Muhammad Utusan Allah). Dia berfirman, “…dan (Allah) mewajibkan kepada mereka tetap taat menjalankan kalimat takwa dan mereka lebih berhak dengan itu dan patut memilikinya…” (Q.S. Al-Fath: 26)

Ketujuh, Allah swt. menghiasi dunia ini dengan tujuh wilayah. 1. India, 2. Hijaz (Makkah, dan Madinah), 3. Basrah, Padang Sahara, dan Kufah, 4. Irak, Syam, dan Khurasan sampai Balkh (Afganistan), 5. Romawi dan Armenia, 6. Negara-negara Ya’juj dan Ma’juj, 7. China dan negara-negara Turkistan (Rusia, Mongolia, Kazakhstan, Turkmenistan, Tajikistan, Uzbekistan, Kyrgystan, dan bagian dari Afganistan).

Kemudian, Allah swt. menghiasi tujuh daerah itu dengan tujuh hari, yakni Sabtu, Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jum’at. Lalu, Allah swt. memuliakan tujuh hari ini kepada para nabinya. Allah swt. memuliakan Nabi Musa a.s. dengan hari Sabtu, Nabi Isa a.s. dengan hari Ahad, Nabi Daud a.s. dengan hari Senin, Nabi Sulaiman a.s. dengan hari Selasa, Nabi Ya’qub dengan hari Rabu, Nabi Adam a.s. dengan hari Kamis, dan Nabi Muhammad saw. beserta umatnya dengan hari Jum’at.

Baca Juga :  Penyebab Ilmu, Sopan Santun dan Kearifan Terkikis

Demikianlah rahasia di balik angka tujuh yang memiliki keistimewaannya tersendiri. Hanya saja, kami belum dapat memahami dengan jelas pemilihan dari tujuh daerah yang disebutkan di atas. Wa Allahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here