Ragam Hukum dalam Al-Quran Menurut Syaikh Wahbah Az-Zuhaili

0
28

BincangSyariah.Com – Diantara fungsi diturunkannya Alquran oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW adalah sebagai pedoman/petunjuk (hudan) bagi kehidupan umat manusia. Didalamnya terkandung berbagai macam tamsil dan ibarat serta ketentuan hukum yang selayaknya dijalani oleh umat manusia.

Khusus mengenai persoalan hukum, Syaikh Wahbah al-Zuhaili, seorang ulama besar dari Suriah (l. 1932/w. 8 Agustus 20150 dalam kitab beliau, Ushul Fiqh al-Islami (j. 1 h. 416-419) menyebutkan ada tiga kategori besar hukum dalam Al-Quran, yakni:

  1. Al-Ahkam al-I’tiqadiyah (keyakinan/keimanan), yaitu ajaran tentang hukum yang berkaitan dengan keimanan manusia kepada Allah, para Malaikat, para Rasul, kitab-kitab Allah, hari akhir, serta qadla dan qadar.
  2. Al-Ahkam al-Khuluqiyyah (akhlak/budi pekerti), yaitu ajaran tentang hukum yang berkaitan dengan sifat-sifat terpuji yang mesti dijalankan dan sifat-sifat keji yang mesti dihindari
  3. Al-Ahkam al-Amaliyah (Pengamalan), bisa kita sebut ini sebagai fikih Alquran, yakni menjelaskan tentang hukum berkaitan dengan perbuatan manusia.

Lebih lanjut, Syaikh Wahbah menjelaskan bahwa Al-Ahkam al-Amaliyah terbagi menjadi dua, yakni ibadah, seperti: salat, zakat, puasa, haji, dan lainnya yang terkait dengan hubungan manusia dengan Allah.

Dalam menjelaskan tentang ibadah ini, seperti juga nanti penjelasan tentang hukum muamalah al-ahwal al-syakhsyiyah, terkadang Al-Quran menjelaskannya secara global, namun seringkali juga secara terperinci (tafshil) seperti hukum waris, dan lain sebagainya. Karakteristik lainnya juga, biasanya penjelasannya berupa argumen yang tidak memberikan ruang bagi akal untuk menjangkaunya (ir rasional) karena bersifat ta’abbudi atau semata sebagai bentuk penghambaan. Sehingga tidak mungkin menerima model perubahan.

Berikutnya ialah Muamalah yang mengatur hubungan antar manusia dan antar sesama makhluk. Dalam perkembangannya, ayat-ayat Alquran yang berbicara tentang muamalah, bisa kita kategorisasikan sesuai dengan topiknya masing-masing, yakni:

  1. Al-Ahwal al-Syakhshiyah (family law/hukum keluarga). Dalam Al-Quran terdapat sekitar 70 ayat yang mengatur tentang al-ahwal al-syakhshiyah ini, yang berkaitan dengan hubungan suami-istri dan sanak kerabat.
  2. Al-Ahkam al-Madaniyah (perdata), yang berisikan tentang hukum bermacam transaksi secara perdata, seperti jual beli, gadai, dan lain sebagainya dalam kerangka pengaturan harta kekayaan antar individu. Di Alquran terdapat sekitar 70 ayat.
  3. Al-Ahkam al-Jinaiyah (hukum pidana), yang berisi tentang tindakan kriminal. Bertujuan untuk menjaga jiwa, harta, martabat, dan hak manusia. Terdapat sekitar 30 ayat.
  4. Al-Ahkam al-Murafa’ah (hukum acara), berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan peradilan, persaksian, dan pembuktian atas suatu hak atau kejahatan sebagai bentuk pengaturan dalam mewujudkan keadilan antar manusia. Terdapat sekitar 13 ayat.
  5. Al-Ahkam al-Dusturiyah (ajaran dasar negara), tentang aturan dan prinsip hubungan antara negara dengan warganya dalam rangka pengaturan hak warga negara. Terdapat sekitar 10 ayat.
  6. Al-Ahkam al-Dawliyah (hukum tata negara), berisi tentang hukum-hukum mengenai hubungan antara negara islam dengan negara lainnya dan status umat non muslim dalam negara Islam. Terdapat sekitar 25 ayat.
  7. Al-Ahkam al-Iqtishadiyah wa al-Maliyah (ekonomi dan keuangan), berisi tentang hak fakir dalam harta orang kaya, pengaturan sumber pendapatan dan pengeluaran negara, dan lainnya.
Baca Juga :  Tafsir Surat Yasin [36] 13: Kisah Ashabul Qaryah

Karakteristik ayat-ayat yang membahas hukum mualamalah dalam Alquran ialah jarang sekali memberikan penjelasan secara detail, namun hanya berupa rumusan umum serta prinsip-prinsip dasarnya sehingga memungkinkan bagi kita untuk mengkreasikan berbagai konten hukum muamalah yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi kenyamanan manusia untuk mencapai kemaslahatan.

Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bi shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here