Prof. Dr. K.H. Suryadi, Guru Besar Ilmu Hadis UIN Sunan Kalijaga Tutup Usia

0
460

BincangSyariah.Com – Berita duka datang dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, guru besar ilmu hadis Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Prof. Dr. K.H. Suryadi wafat hari ini (3/8) pukul 12.30 dalam usia 54 tahun. Beliau menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Jogja International Hospital (JIH) karena penyakit jantung.

Menurut Sri Haryati Lestari, santri yang tinggal di Pondok Pesantren An-Najwa, Pesantren asuhan Prof. Suryadi, “beliau masih sempat dawuh kepada kami untuk bersih-bersih pondok (roan) semalam.”

Prof. Suryadi lahir di Pati 12 Maret 1965, menghabiskan masa kanak-kanak hingga tamat Aliyah di Pati, tepatnya di Madrasah Raudlatul Ulum, Guyangan. Setamat Aliyah, Suryadi muda melanjutkan pendidikan sarjana di dua tempat sekaligus, IKIP Negeri Yogyakarta dan IAIN Sunan Kalijaga. Di IKIP beliau mengambil jurusan Pendidikan Dunia Usaha (PDU) sedang di IAIN menekuni bidang Tafsir-Hadis yang saat itu masih bernaung di Fakultas Syariah. Pendidikan sarjana ini selesai bersamaan pada tahun 1992.

Sejak tahun 1994 beliau telah mengabdikan diri sebagai dosen di Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Kalijaga dengan mengampu mata kuliah tafsir-hadis. Pendidikan magister hingga doktoral berlanjut di almamaternya. Disertasi doktoralnya membahas tentang pemikiran hadis Muhammad Al-Ghazali dan Yusuf al-Qaradhawi, selesai pada tahun 2004.

Pada tahun 2011, bersama istrinya, Dr. Nurun Najwa, yang juga pakar hadis dan sama-sama mengabdi di UIN Sunan Kalijaga, Prof. Suryadi mendirikan pondok pesantren khusus putri bernama An-Najwa. Pesantren yang menggembleng para santrinya untuk menjadi pakar di bidang al-Quran dan hadis.

Pada akhirnya para sarjana hadis di Indonesia kembali berduka atas wafatnya Prof. Suryadi. Semoga almarhum diterima amal ibadahnya dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt. Amin.

Baca Juga :  Cara Memahami Hadis: Bagaimana Memahami Hadis-Hadis yang Bertentangan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here