Ini Potret Orang yang Paling Gagah Berani

0
1270

BincangSyariah.Com – Hidup pada jaman sekarang, tentu setiap orang punya pendapat tersendiri tetang sosok orang yang paling gagah dan berani. Apakah sosok itu seperti Ade Rai yang badannya berkotal-kotak? Atau seperi Reza Rahardian yang berani mengambil resiko apapun dalam setiap episodenya? Atau orang yang paling gagah berani itu adalah ia yang tidak terkalahkan saat berhadapan dengan preman Ibu Kota?

Bagaimana jika orang yang bisa menolak amarahnya dengan santun disebut sebagai orang yang paling gagah berani? Mungkin kebanyakan dari kita turut mengangguk dan menyetujuinya. Mengalahkan amarah memang tidak mudah dalam kehidupan sehari-hari, terlebih jika menghadapi amarah tersebut dengan santun. Justru karena tidak mudah tersebut, orang yang bisa bisa menolak amarahnya dengan santun disebut sebagai orang yang paling gagah berani dalam kitab Al Mujalasah wa Jawahirul Ilm:

فمن أشجع الناس؟ قال من رد جهلة بحلية

Siapakah orang yang paling gagah berani? Orang yang sanggup menolak amarahnya dengan sifat santunnya (Nasihat Nabi Agar Tak Menjadi Pemarah)

Ketika amarah sedang memuncak, banyak hal yang bisa terjadi, seperti terbantingnya barang, marah yang berkepanjangan atau diam saja dengan tidak menghiraukan yang lain. Sudah pernahkah mencoba tetap santun saat amarah tak menentu? Mencoba untuk bisa menjadi sosok yang paling gagah berani dengan tetap santun bukanlah menunjukkan kemunduran, melainkan itu bentuk satu kemajuan dalam diri. Di mana kita sedikit bisa tergolong dari apa yang disebutkan Rasulullah dalam hadis di bawah ini:

« لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ »

Bukanlah orang kuat (yang sebenarnya) dengan (selalu mengalahkan lawannya dalam) pergulatan (perkelahian), tetapi tidak lain orang kuat (yang sebenarnya) adalah yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah”  (HR Bukhari Muslim)

Baca Juga :  Tata Cara Berdakwah yang Baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here